Hari Ini 17.00 WIB, Jl Cipto Satu Arah

UJI COBA: Kendaraan menggunakan dua lajur Jl Cipto Mangunkusumo ke arah Gunungsari saat uji coba satu arah, Selasa (19/12). Rekayasa serupa diterapkan hari ini, untuk kemudian dievaluasi sebelum diterapkan di malam pergantian tahun. FOTO: DOK/OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON – Uji coba satu arah (one way) Jl Cipto Mangunkusumo akan dilakukan kembali hari ini, Sabtu (23/12). Berbeda dengan uji coba sebelumnya, pemberlakuan rekayasa lalu lintas ini dimulai pukul 17.00 WIB atau satu jam lebih awal. Diharapkan, upaya ini dapat mengurai kepadatan di Jl Cipto Mk di malam tahun baru.

“Kita masih coba analisis, karena titik kemacetan dengan volume kendaraan padat di Jl Cipto. Makanya kita coba dulu satu arah,” ujar Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Gunawan ATD DEA, kepada Radar, Jumat (22/12).

Uji coba one way Jl Cipto merupakan inisiasi dari Polres Ciko. Dinas Perhubungan selaku pemilik kewenangan rekayasa lalu lintas berusaha mendukung langkah tersebut.

Dari hasil uji coba one way yang sudah dilakukan, Selasa (19/12), dampak dari perubahan itu memperlancar kendaraan dari Jl Sudarsono dan Jl Pemuda. Justru permasalahan ada di ruas Jl RA Kartini dan Jl Tuparev.

“Memang dari efek one way volume kendaraan lebih banyak dan menumpuk, akan terus kita evaluasi,” katanya.

Dalam uji coba one way yang kedua nanti, pihaknya pun akan mengerahkan petugas untuk membantu pengendara. Fokusnya di beberapa titik yang padat kendaraan seperti perempatan Gunungsari, Jl Wahidin, Jl Kartini dan Jl Tuparev.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cirebon Kota, AKP Rezkhy Satya Dewanto mengaku sudah melakukan evaluasi. Hasilnya dari uji coba one way pertama memang masih ada permasalahan.

“Sebetulnya bukan tidak efektif, tapi hanya belum maksimal saja, jadi masih kita kaji untuk diterapkan di malam puncak nanti,” ungkapnya.

Berdasarkan konsep pengaturan lalu lintas yang sedang digodok, untuk malam tahun baru nanti, sepanjang Jl Cipto MK dari perempatan Gedung Pusdiklaptri sampai Gunungsari arah dari selatan akan ditutup tetapi tidak dilakukan one way.

Dengan begitu, kendaraan hanya datang dari arah Gunungsari, sedangkan untuk kendaraan yang bermaksud mengunjungi tempat-tempat perbelanjaan seperti Transmart dan CSB akan diputar balik di u-turn yang khusus disiapkan petugas. Selama ini sumber kepadatan adalah putar balik.

Rencana sementara nanti kendaraan hanya dari arah Grage karena dari arah selatan akan ditutup, ini dilakukan agar kendaraan dari arah selatan menuju utara tidak ada pertemuan dengan kendaraan yang putar balik.

Tapi, bila ternyata one way tidak memungkinkan diberlakukan, kepolisian bersama dengan Dinas Perhubungan sudah menyiapkan beberapa sistem lain. Seperti contra flow dari beberapa u-turn yang ada di sepanjang Jl Cipto.

Untuk beberapa ruas jalan lain, semua jalur menuju Alun-alun Kejaksan, seperti Jl Kartini dan Jl Siliwangi akan di tutup total. Pasalnya, pusat perayaan pergantian tahun diperkirakan akan terpusat di sepanjang jalan tersebut dan Alun-alun Kejaksan.

Dia menambahkan, pihak kepolisian mengimbau kepada seluruh masyarakat yang bermaksud merayakan tahun baru agar bisa mengikuti konsep pengaturan lalu lintas yang sudah disiapkan, sehingga perayaan tahun baru bisa berlangsung dengan aman dan tertib.

“Akan ada beberapa jalan utama yang ditutup, terutama menuju Alun-alun. Kami harap masyarakat Kota Cirebon bisa bekerja sama dengan kami agar perayaan malam tahun baru nanti berjalan dengan tertib,” pesannya. (mik)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya