Hari Ini Garbi Kuningan Adakan Seminar Kesehatan Pencegahan Kanker Payudara

KANKER-Pixabay
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

KUNINGAN – Kanker payudara menjadi penyakit nomor satu yang mematikan pada wanita. Bahkan,  penyakit ini sangat memengaruhi kesehatan fisik dan mental wanita, mengancam jiwa, serta kebahagiaan keluarga.

Menyikapi itu, Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Kabupaten Kuningan akan menggelar seminar kesehatan dan pencegahan kanker payudara di Rumah Makan Istana Cibulan Jalaksana, Sabtu (24/8) pagi.

Rencananya, selain dihadiri istri bupati Kuningan, acara yang digelar dari pagi sampai siang pukul 12.00 WIB, itu akan menghadirkan pembicara dokter spesialis bedah onkologi yang juga pembina Yayasan Onkologi Indonesia, dr Farida Briani Sobri SpB(K)Onk.

Ketua Panitia Seminar, Ummi Dini mengatakan, ingin memberikan pengetahuan  dan edukasi kepada kaum hawa terkait gejala kanker payudara. Sehingga kaum perempuan bisa melakukan deteksi dini terhadap penyakit kanker yang mematikan ini.

Diungkapkan Dini, angka kejadian penyakit kanker untuk perempuan yang tertinggi adalah kanker payudara. Yaitu sebesar 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 17 per 100.000 penduduk.

Kemudian diikuti kanker leher rahim, sebesar 23,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 13,9 per 100.000 penduduk. Diakuinya, saat ini  kesadaran dari kaum perempuan untuk memeriksakan kesehatan payudara masih rendah. Sehingga, banyak yang tidak tertolong karena tidak tahu gejala dan pengobatannya.

“Untuk itu, dengan seminar ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada kaum perempuan tentang penyakit kanker payudara, sehingga bisa melakukan pencegahan lebih dini,” pungkasnya. (rls)

Berita Terkait