Hari Ini PCNU Kota Gelar Jalan Santai Sarungan

PCNU-KOTA-CIREBONRILIS: Ketua Pabitia HSN, H Romdji (berpeci) didampingi Bendahara H Rasjid menyampaikan persiapan Jalan Sehat Sarungan menyambut Hari Santri Nasional yang digelar hari ini. Foto: Jamal Suteja/Radar Cirebon

CIREBON – Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kota Cirebon bakal menggelar jalan sehat sarungan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Jalan sehat sarungan ini digelar Minggu (14/10), dengan menempuh rute di/dari Kantor PCNU Kota Jalan Arya Kemuning, Jalan Ampera, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Sukalila, Jalan Siliwangi, Jalan Kartini, Jalan Cipto, dan kembali ke lokasi semula.

Ketua Panitia H Romdji mengatakan, kegiatan jalan sehat ini terbuka untuk masyarakat umum. Peserta dianjurkan mamakai sarung dan juga kopiah. Sebagai salah satu identitas pakaian santri.

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut dan rangkaian Hari Santri Nasional yang puncaknya akan digelar tanggal 22 Oktober,” jelasnya kepada Radar Cirebon, kemarin.

Kegiatan jalan sehat sendiri rencananya juga bakal dihadiri dan dilepas walikota dan juga jajaran Forkompimda Kota Cirebon. Bagi peserta yang beruntung ada juga pembagian door prize dengan hadiahnya hampir 100 sarung dan juga barang elektronik hingga sepeda.

Kegiatan Jalan Sehat Sarungan sendiri rencananya target dihadiri 4.000 peserta dari berbagai daerah. “Kegiatan ini merupakan buah kebersamaan pengurus PCNU dan warga NU Kota Cirebon. Tanpa ada sponsor,” ungkapnya.

Romdji mengajak masyarakat Kota Cirebon juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali digelar ini. Panitia juga menyiapkan bendera yang digunakan peserta dalam jalan sehat.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada Ketua Tanfidziah PCNU Kota Cirebon Ust Yusuf SE MM, dan juga Rois Syuriah Dr KH Syamsudin,” sebutnya.

Semetara dalam puncak peringatan Hari Santri Nasional bakal dipusatkan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan, 22 Oktober mendatang. Nantinya ada diskusi hukum yang dilakukan Kajian Masyarakat Cermat (Jimat) membahas mengenai usulan adanya RUU Ponpes. Pihaknya mendorong RUU Ponpes untuk direkomendasikan ke Fraksi PKB DPR RI agar bisa menjadi Undang-undang. (jml)