Hari Kesehatan Nasional, Ubah Gaya Hidup Jadi Hidup Sehat

hknILUSTRASI

CIREBON-Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon mengadakan senam sehat bersama dan kerja bakti bersih-bersih di tiap UPT Puskesmas. HKN ke-54 tahun 2018 ini, mengambil tema “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema HKN 2018 “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Edi Susanto menyampaikan, peringatan ke-54 HKN merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. “Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” ujar Edi.

Menurutnya, “Hidup sehat dimulai dari kita” yang merupakan slogan yang harus digaungkan dan dilaksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia, apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon.

“Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Karangsari Nurpatmawati mengatakan, masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Dalam hal kesehatan diperlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat mencakup pemerintah daerah dan swasta.

“Dengan tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar membiasakan diri untuk gemar melakukan pola hidup sehat dan mengonsumsi beragam sayur dan buah-buahan. “Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Cirebon,” tukasnya. (via)