Hilangkan Persaingan Tidak Sehat di Tubuh Gapensi

GAPENSI-INDRAMAYUPROFESIONAL: Pengurus BPC Gapensi Indramayu bersama pengurus BPD Gapensi Jawa Barat dan Pengurus Kadin Jawa Barat saat Mukercab XIII BPC Gapensi Indramayu. FOTO: UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – BPC Gapensi Kabupaten Indramayu menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) XIII di Aula Gapensi Indramayu, Kamis (9/8). Salah satu hal yang disorot dalam mukercab ini adalah banyaknya keluhan dari anggota, karena mereka banyak yang kalah “bersaing” dalam mendapatkan pekerjaan. Padahal Gapensi selalu mengedepankan profesionalisme.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua BPD Gapensi Jawa Barat, Edi Mulyana, juga mengaku bingung dengan persaingan yang terjadi di lapangan. Dikatakan Edi, dari 29 asosiasi jasa konstruksi yang ada, Gapensi merupakan organisasi paling profesional dengan jumlah perusahaan yang telah memiliki serftifikat badan usaha terbanyak. “Dengan kondisi ini, seharusnya pemerintah lebih memperhatikan Gapensi, karena dihuni oleh badan usaha yang telah memiliki sertifikasi dan professional,” kata Edi Mulyana.

Edi juga berharap kepada BPC Gapensi Indramayu agar kembali menjalin kemitraan dengan pemerintah, maupun pihak-pihak lain yang akan memberikan keuntungan bagi Gapensi. “Gapensi seharusnya mampu bersaing, tapi kenyataan yang terjadi di lapangan memang lain. Jadi kita harus terus menjalin kemitraan dengan pemerintah,” tandasnya.

Edi menambahkan, Gapensi juga merupakan organisasi yang sudah tidak diragukan lagi, karena memiliki sumberdaya konstruksi yang lengkap. Mulai dari modal, sumberdaya manusia, alat, bahan, dan metodologi kerja.

Sementara Ketua BPC Gapensi Indramayu, Mulyadi Cahya mengatakan, Mukercab XIII BPC Gapensi Indramayu merupakan ajang evaluasi atas kinerja pengurus. Selain itu juga akan merumuskan langkah kedepan agar Gapensi bisa lebih baik lagi. “Melalui mukercab ini diharapkan akan melahirkan rumusan-rumusan untuk perbaikan Gapensi kedepan,” kata Mulyadi.

Mulyadi mengatakan, di era persaingan terbuka ini anggota Gapensi juga harus terus meningkatkan profesionalisme agar terus mampu bersaing. “Pada intinya kami dari Gapensi juga sudah siap bersaing. Namun yang kita sayangkan adalah adanya persaingan yang kurang sehat. Gapensi berharap agar profesionalisme lebih dikedepankan, sehingga anggota Gapensi juga akan terus berada di depan,” ujarnya.

Mukercab XIII BPC Gapensi Indramayu ini juga dihadiri oleh pengurus BPD Gapebsi Jawa Barat, serta pengurus Kadin Jawa Barat. (oet)