Hina Nabi Muhammad, Murid Bunuh Dosennya

PELAKU-PEMBUNUHAN-NENEK-ATIMAH-MASIH-GELAPIlustrasi. Foto: Pixabay.com

PRANCIS – Seorang dosen universitas Irlandia ditikam hingga mati oleh salah satu mantan mahasiswanya. Mantan mahasiswa itu nekat melakukan aksi itu karena menggangp sang dosen telah menghina agama Islam dan Nabi Muhammad’

Akademisi berusia 66 tahun bernama John Dowling, diserang dan ditikam 13 kali di luar universitas Paris tempat ia bekerja pada Rabu. Ali R, seorang warga negara Pakistan berusia 37 tahun, mengaku melakukan pembunuhan dan mengatakan kepada polisi bahwa dia menyimpan dendam pribadi terhadap guru setelah gagal ujian tahun lalu.

Ali yang nama keluarganya belum diungkapkan oleh otoritas Prancis, akan didakwa atas pembunuhan di Paris hari ini untuk serangan di luar universitas swasta Leonardo de Vinci di distrik bisnis La Defense.

Catherine Denis, jaksa Nanterre yang terlibat dalam kasus itu mengatakan, Ali memendam kebencian obsesif terhadap universitas karena menendangnya keluar pada September 2017.

“Dia datang ke Prancis dua tahun lalu untuk bergabung dengan sekolah manajemen, tetapi tidak lulus tahun pertamanya,” katanya, dikutip dari Dialy Mail, Senin (10/12).

“Sejak saat itu dia telah kembali ke kampus, dan telah menjadi tidak diinginkan sampai-sampai dia tidak diizinkan masuk lagi,” tambahnya.

Rekaman CCTV menunjukkan, Dowling mengobrol dengan tenang dengan Ali di sekitar tengah hari, sebelum Ali mengambil pisau steak dan menikam sang dosen. Ali telah mengatakan kepada polisi, bahwa guru telah mengolok-olok agamanya selama kelas bahasa Inggris di universitas.

“Dia menghasilkan gambar yang dia tunjukkan di kelas, menghina Nabi Muhammad,” kata Ali.

Menghina Nabi Muhammad adalah salah satu penghinaan paling berat terhadap Islam, dan telah secara langsung menyebabkan kekejaman teroris di Perancis.

Pada Januari 2015, dua pria bersenjata yang terkait dengan Al-Qaeda membunuh 12 orang di kantor majalah satir Charlie Hebdo, setelah menerbitkan kartun menghina Nabi.

Denis mengatakan, Ali R tidak diketahui oleh dinas intelijen, tetapi adalah seorang pejuang obsesif dari Republik Islam Pakistan. Dia baru saja memperbarui izin tinggalnya di Prancis, dan telah membeli pisau steak dari supermarket yang dekat dengan universitas.

Ada indikasi dia mungkin telah mengatur untuk menemui korbannya, dan polisi menyisir melalui telepon dan catatan email untuk mencoba dan membuat tautan. Pada Jumat, bantuan terus mengalir untuk Dowling, yang telah pensiun pada akhir tahun akademik ini.

Ada keheningan satu menit di luar universitas pada hari Kamis, sebelum lagu kebangsaan Irlandia dimainkan dan kerumunan berkumpul di sekitar Tricolor hijau-putih-dan-oranye.

Pascal Brouaye, kepala kampus, mengatakan sejak kemarin, pesan belasungkawa telah membuat pihaknya. Ini menunjukkan betapa John dihargai oleh siswa dan lulusan. Keheningan menit itu intens dan diikuti musik yang indah, dimainkan di piano oleh seorang mahasiswa. (der/fin)