Horee, Perpusatakaan 400 Punya Bus Perpustakaan Keliling Baru

Isinya 1.500 Buku, Kalau Pegal Ada Bantal untuk Bersandar

Kota Cirebon
bus-perpusIni Penampakan Bus Perpustakaan Keliling milik Perpustakaan 400 Kota Cirebon.FOTO:NOVRILA MAYANG/RADAR CIREBON

CIREBON-Semangat literasi di kota ini terus disuarakan tanpa henti. Berbagai kalangan pun bahu membahu untuk kembali membakar semangat membaca. Begitu juga dengan Perpustakaan 400. Kini ada fasilitas baru. Yang diharapkan jadi daya tarik untuk masyarakat.

Baru berjalan dua hari. Namun perpustakaan dengan suasana baru yang digagas Perpustakaan 400 itu berhasil menarik perhatian pengunjung. Bus perpustakaan tersebut sengaja diparkir tepat depan Gedung Perpustakaan 400.

Silih berganti pelajar sampai mahasiswa datang berkunjung. Saya ikut mencoba. Lepas sepatu. Duduk bersimpuh. Suasana nyaman. Enak buat membaca. Rencananya, akan ada sekitar 1.500 buku yang akan disediakan di dalam Bus Perpustakaan itu. Buku-buku inilah yang akan menjadi senjata untuk menarik perhatian pengunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Muhammad Korneli menyampaikan, kehadiran bus perpustakaan ini diharap dapat memberikan jawaban bagi masyarakat Kota Cirebon akan kebutuhan fasilitas membaca mobile (keliling) nantinya.

“Kami persembahkan untuk masyarakat Kota Cirebon. Kami berharap bisa bermanfaat dan memberikan suasana perpustakaan baru untuk masyarakat tentunya,” ujar Korneli, kepada wartawan koran ini.

Nantinya, bus ini akan membawa perpustakaan langsung ke lingkungan warga. Mendekatkan buku-buku kepada masyarakat. Dengan begitu, minat baca diharapkan bisa meningkat. “Sasarannya RW. Nanti juga ke kelurahan, nah car free day juga kami akan tampil di sana untuk masyarakat,” tuturnya.

Untuk bus perpustakaan ini, sementara baru satu unit. Saat ini kekurangannya hanya satu. Belum dilengkapi dengan pendingin udara. Namun, kekurangan itu tidak mengurangi minat masyarakat.

Salah seorang pengunjung, Dika (20) menyambut baik kehadiran bus ini. Selain memudahkan bagi masyarakat, bus perpustakaan itu juga dapat menjadi solusi bagi peningkatan minat baca di tengah-tengah masyarakat. “Ini bakal memudahkan masyarakat yang tinggalnya jauh dari Perpustakaan 400. Terbaik pokoknya,” ujar mahasiswa di salah satu universitas kota cirebon itu. (myg)