Hutan Kota Sumber Berubah Jadi Panggung Budaya

UBAH STATUS: Pemerintah Kabupaten Cirebon berencana mengubah status Hutan Kota Sumber menjadi panggung budaya. Hutan Kota akan dipindah di belakang komplek perkantoran pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon.FOTO: ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON – Hutan Kota Sumber akan dipindah. Lokasi itu bakal disulap menjadi panggung budaya. Rencananya, pemindahan hutan kota di belakang pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Semuanya sudah dirapatkan bersama OPD terkait. Perubahan status hutan kota itu merupakan keinginan Plt Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg. Meski demikian, pepohonan di eks hutan kota nanti tetap ada.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, H Hartono MM mengatakan, sesuai keinginan Plt Bupati, Hutan Kota yang ada di Jl Sultan Agung statusnya lebih baik diubah menjadi pusat budaya. Namun, perubahan status tersebut tidak mengubah kondisi pepohonan.

“Kita hanya akan bangun panggung apresiasi budaya di hutan kota. Yang setiap Sabtu dan Minggu nanti akan ada pagelaran seni budaya lokal tradisional maupun kontemporer Kabupaten Cirebon,” ujar Hartono kepada Radar Cirebon, Selasa (10/9).

Menurutnya, untuk pembangunan akan difasilitasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), termasuk infrastruktur lainnya. Sebab, anggarannya nanti ada di DLH. “Kami hanya menjadwal siapa yang akan tampil di panggung budaya. Karena user-nya tetap di DLH,” imbuhnya.

Rencananya, kata dia, posisi panggung akan ditempatkan di tengah. Namun, untuk besarnya ukuran masih dibahas. Disinggung, dibangunnya panggung budaya akan sama seperti di dalam Pasar Batik yang sepi peminat? Hartono mengakui, animo masyarakat di Pasar Batik memang belum maksimal.

Karena itu, pihaknya mencoba di hutan kota. “Kami harap ada perubahan yang meningkat. Karena lokasinya dekat dengan pusat pemerintahan dan kawasan penduduk,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi MAg mengaku, pihaknya sudah memikirkan untuk mencari lokasi pengganti Hutan Kota Sumber.

Sementara ini, sudah ada lokasi penggantinya yakni lahan di belakang perkantoran Pemda Kabupaten Cirebon. Menurutnya, meski pun lokasinya terbilang tidak berada di tengah-tengah Kota Sumber, tetapi alternatif penggantinya hanya itu. “Karena tidak ada yang di tengah-tengah. Ya tidak apa-apa lah. Lokasi penggantinya di situ (belakang perkarntoran pemda, red),” tandasnya. (sam)

Berita Terkait