ICMI Launching 150 Toko Halal

Ketua Umum ICMI, Jimly Asshidiqie, menyerahkan bantuan kepada salah seorang pemilik Toko Halal ICMI. FOTO:UTOYO PRIE ACHDI/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU–Sebanyak 150 Toko Halal Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Orda Indramayu dilaunching oleh Ketua Umum ICMI Pusat, Prof DR Jimly Asshidiqie SH MH di Aula Wisma Haji Indramayu, Selasa (5/12). Tampak hadir Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah, dan sejumlah pajabat lainnya.

“ICMI Orda Indramayu sudah menyatakan siap untuk membuka 150 unit Toko Halal ICMI dan siap bekerja sama dengan perbankan dan lembaga lainnya, kita sangat support sehingga ini bisa menjadi bagian dari peradaban muslim,” ujar Jimly.

Jimly mengatakan, peluncuran Toko Halal ICMI merupakan bentuk konstribusi langsung ICMI untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia. Menurutnya, Toko Halal ICMI merupakan langkah konkret ICMI untuk membangun perekonomian masyarakat, khususnya perekonomian keluarga.

Selain itu, kata Jimly, partisipasi ICMI itu juga membantu pemerintah untuk memperpendek jalur distribusi sehingga harga-harga menjadi terjangkau masyarakat. Serta yang juga terpenting adalah Toko Halal ICMI merupakan upaya kebangkitan kaum muslim dengan menerapkan sistem syariah.

“Indramayu ini sangat luar biasa, pertama launching langsung 150 Toko Halal ICMI sudah siap. Apalagi didukung juga oleh Pemkab Indramayu dengan duplikasi program melalui kebijakan local. Dengan launching ini, berharap Indramayu sebagai daerah untuk pusat pengembangan ekonomi halal, ” ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah mengatakan, keberadaan Toko Halal ICMI diharapkan bisa menjadi kebangkitan ekonomi di Indramayu meskipun jumlahnya baru 150 unit. Toko Halal ICMI adalah program untuk membangun perekonomian masyarakat, khususnya perekonomian keluarga. Keluarga yang kuat secara ekonomi dan moral akan melahirkan generasi yang berkualitas yang baik. “Program ini dapat membantu pemerintah untuk memperpendek jalur distribusi sehingga harga-harga menjadi terjangkau masyarakat,” tegas Anna.

Sementara itu, Ketua ICMI Orda Indramayu, Drs H Supendi MSi mengatakan, tahun 2017 ini baru siap 150 Toko Halal ICMI yang tersebar di 20 kecamatan, dan pada tahun 2018 mendatang harapannya bisa menjangkau 31 kecamatan. Setiap Toko Halal ICMI akan mendapatkan modal senilai 15 juta rupiah. Selanjutnya akan digunakan untuk usaha dan pengembangannya.

“Selain mendapatkan bantuan modal, para pemilik Toko Halal ICMI akan mendapatkan bimbingan dan pengawasan dalam menjalankan usahanya sehingga terus berkelanjutan,” tegas Wakil Bupati Indramayu ini.(oet)