IKMI Kembangkan AI Programing With Python

DEEP LEARNING: Artificial Intelligence dengan materi Programming With Python oleh dosen STMIK IKMI Cirebon, Selasa (10/9). FOTO: ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON– STMIK IKMI Cirebon tengah memperbaiki kurikulum dengan mengasah dosen melalui Workshop Artificial Intelligence (AI) dengan materi Programming With Python. Workshop diikuti seluruh dosen IKMI di Aula Kampus setempat.

Menjadi materi, Ketua STMIK IKMI Cirebon, Dadang Sudrajat SSi MKom. Melalui Workshop yang terselenggara diharapkan peserta atau dosen, kedepannya dapat memahami deep learning dan computer vision. Sehingga aplikasi yang dihasilkan bermanfaat dan bisa diimplementasikan di kehidupan masyarakat.

“Misalnya Kota Cirebon ini ingin menuju ke Smart City atau kota cerdas, kita bisa membuat sebuah aplikasi kecerdasan buatan Internet of Thing dengan pemrograman Phyton untuk mendeteksi objek,” ujar Dadang, dalam pemaparannya, Selasa (10/9).

Objek yang dimaksud adalah seluruh benda yang bergerak. Benda tersebut gambarnya akan ditangkap melalui CCTV. Kemudian informasi yang didapat, di kirimkan atau dipusatkan di salah satu pusat cyber security di Kota Cirebon.

Misalnya Kota Cirebon memasang 1.000 CCTV. Dilengkapilah oleh aplikasi yang dirancang dosen-dosen yang mengikuti workshop ini, yang diberi nama Object Detection with Phyton. Aplikasi ini bisa mengirimkan informasi seluruh objek bergerak yang tertangkap CCTV ke pusat data.

Informasi yang diperoleh dapat dijadikan acuan. Seperti identitas, jenis kendaraan, nomer polisi, dan sebagainya. Civitas kampus yang berlokasi di Jl Perjuangan ini, sedang menuju ke arah tersebut. Membuat aplikasi yang berguna untuk masyarakat seperti halnya object detection.

Artificial Intelligence adalah ilmu yang baru muncul dan berkembang. IKMI tidak mau ketinggalan berinovasi. Aplikasi akan mulai digarap secara bertahap. Langkah awal, memberikan dosen gambaran bahasa pemrograman yang digunakan, melalui workshop atau pertemuan rutin. Setelah langkah dasar dikuasai, lanjut ke tahap pemrograman advance. (ade)

Berita Terkait