Ingat! 25 Juni Pendaftaran PPDB Dimulai

Ilustrasi_PPDB

CIREBON-Pelaksanaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2018/2019 bakal dimulai tanggal 25-30 Juni untuk tingkat TK/SD/SMP. Untuk tingkat TK/SD pendaftaran dilakukan secara manual dengan menggunakan sistem zonasi, dan kriteria umur.

“Kalau untuk TK dan SD kita pakai zonasi, dan juga batas umur. Seleksinya itu, tidak diseleksi secara nilai akademik,” ungkap Ketua Pelaksana PPDB Muh Uu Suhaemi.

Sedangkan untuk tingkat SMP, pendaftaran dilakukan secara online melalui situs PPDB online yang bakal disiapkan oleh Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Telkom. Pendaftaran PPDB tingkat SMP sendiri bakal mulai untuk jalur prestasi pada tanggal 25-30 Juni, kemudian diikuti jalur non zonasi dan non prestasi tanggal 2-4 Juli, bersamaan dengan pendaftaran di jalur zonasi kompetitif melalui nilai SHUSBN baik dari Kota maupun Luar Kota.

“Terakhir kita buka zonasi murni kita berikan kesempatan mendaftar dari tanggal 2 sampai 9 juli, supaya apabila siswa tidak lolos dijalur prestasi dan akademik, masih bisa terakomodir di jalur zonasi murni atau jarak terdekat,” sebut Uu.

Disdik saat ini masih mempersiapkan untuk pendaftaran PPDB, termasuk kesiapan situs PPDB online dan juga operator di masing-masing sekolah. Pasca lebaran nanti, kata Uu, pihaknya akan menggelar sosialisasi dan pembinaan operator sekolah mengenai teknis pelaksanaan PPDB. “Kita akan berikan sosialisasi teknis langsung, supaya opertator tidak ada kegamangan dan keraguan lagi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga merencanakan untuk membuat pakta integritas yang bakal dibuatkan untuk operator sekolah. Hal ini sebagai upaya agar mereka bisa bekerja sesuai dengan kewajiban dan tugasnya. “Dengan Telkom juga kita akan bertemu sesudah lebaran, jadi ketika sosialisasi dengan opetartor sekolah itu tanggal 22 Juni, kita akan ekspose bersama Telkom secara bersamaan,” paparnya. (jml)