oleh

Isak Tangis Warnai Pembongkaran Bangunan Liar Kawasan Tanggul Sungai Cimanuk

INDRAMAYU – Penertiban bangunan liar (bangli) di kawasan tanggul sungai Cimanuk timur Jalan Veteran Kabupaten Indramayu, yang dilakukan Satpol PP, diwarnai dengan isak tangis dan protes warga, Rabu (11/9). Bahkan, sejumlah perempuan tampak kesal dan membanting sejumlah benda di hadapan petugas satpol PP.

Meski diwarnai aksi protes dan isak tangis warga, petugas tetap melakukan penertiban, dengan mengosongkan isi rumah. Barang-barang seperti lemari, tempat tidur, meja, kursi dan yang lainnya dikeluarkan dari rumah.

Kemudian bangunan rumah pun dibongkar. Sementara sejumlah warga ada yang membongkar bangunan sendiri. Terutama untuk bangunan tempat cuci mobil. Karena di lokasi ini memang menjadi pusat cuci mobil.

Salah seorang perempuan, Sri (55), tampak berlinang air mata. Ia mengaku membuka warung di tempat tersebut. Namun kali ini warungnya harus dibongkar.

Ia bersama tiga anaknya pun hanya bisa menangis. “Kalau mau digusur saya minta dikasih tempat dulu. Kalau begini saya mau pindah ke mana,” ungkapnya dengan mimik muka sedih.

Ungkapan senada diungkapkan Indah (47), pemilik warung makanan dan minuman, yang mengaku sudah mendirikan tempat tinggal di situ cukup lama. Ia pun kecewa ketika tempat tinggalnya yang menjadi tempat mencari nafkah harus dibongkar.

Sementara di sebelahnya ada beberapa bangunan tinggi justru tidak dibongkar. “Kalau mau dibongkar ya bongkar semua yang adil. Jangan pilih kasih,” ungkapnya kesal.

Indah juga mengaku bingung mau pindah ke mana. Karena sejauh ini belum ada solusi untuk relokasi. Padahal awalnya ia berharap ada tempat untuk relokasi terlebih dahulu sebelum dilakukan pembongkaran.

Sementara Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Indramayu, Hamami mengatakan, penertiban terhadap bangunan liar memang harus dilakukan. Karena keberadaannya memang menyalahi aturan.

Hamami berharap kepada masyarakat agar memiliki kesadaran. Karena keberadaan mereka di tempat tersebut memang tidak diizinkan.

Saat disinggung terkait adanya bangunan yang tetap dibiarkan dan tidak digusur, Hamami mengatakan bahwa bangunan yang dimaksud telah memiliki sertifikat. Dikatakan Hamami, di lokasi tanggul Cimanuk yang telah dibongkar tersebut nantinya akan dibangun taman yang indah. (oet)

News Feed