Istri Bupati Yakin SMPN 1 Cilimus Juara Sekolah Sehat Se-Jabar

ketua-tp-pkk-2Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Rahmatika Purnama merasa yakin SMPN 1 Cilimus jadi juara provinsi sekolah sehat.FOTO: AGUS PANTHER/RADARKUNINGAN

KUNINGAN-Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj Ika Acep Purnama optimistis SMPN 1 Cilimus dapat meraih juara lomba Sekolah Sehat Tingkat Jawa Barat. Ika meyakini bahwa SMPN 1 Cilimus akan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah sewilayah Jabar hingga meraih juara tingkat provinsi.

“Saya optimistis SMPN 1 Cilimus mampu mengukir prestasi di tingkat Jawa Barat. Pasalnya sekolah ini sangat memperhatikan kesehatan lingkungannya,” kata Ketua TP PKK Kuningan Hj Ika Acep Purnama saat monitoring SMPN 1 Cilimus.

Penilaian terhadap SMPN 1 Cilimus ini dilakukan langsung Tim Monitoring Wilayah III Jabar Dr H Yusuf Sofyan MM. Ada beberapa indikator penilaian, di antaranya terkait soal administrasi, fasilitasi, serta sumber daya manusia.

“SMPN 1 Cilimus telah memenuhi indikator tersebut. Sehingga layak mewakili Kabupaten Kuningan di tingkat provinsi. Fasilitas yang ada di sekolah ini juga sangat mendukung, ditambah lagi pengelola sekolah sangat konsen terhadap penyediaan sarana dan prasarana,” tukasnya.

Hal serupa disampaikan Asda I Setda Kuningan yang kini menjabat pula sebagai Plt Kepala Disdikbud Kuningan Drs H Maman Hermansyah MSi. Maman meyakini, bahwa SMPN 1 Cilimus mampu menorehkan prestasi terbaiknya di lomba tingkat Jabar.

“Saya optimistis SMPN 1 Cilimus bisa mampu menjadi juara tingkat provinsi. Sebab setelah dilihat, lingkungan sekolahnya bersih, tertib, serta hijau. Penataan sekolah juga sangat bagus. Apalagi di lingkungan sekolah berdiri masjid yang sangat megah,” katanya.

Dalam perlombaan tingkat Jabar itu, keikutsertaan SMPN 1 Cilimus tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak terutama pemerintah daerah termasuk Tim Penggerak PKK Kabupten Kuningan. “Terima kasih saya sampaikan atas dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah serta TP PKK Kabupaten. Semoga, kami mampu mempersembahkan prestasi terbaik dalam mengikuti lomba sekolah sehat tingkat Jawa Barat ini,” timpal Kepala SMPN 1 Cilimus Drs H Momon Sukiman MMPd.

Momon juga menerangkan, jika pihaknya mempunyai 14 divisi dalam rangka mewujudkan sekolah sehat. Di antaranya Divisi  Bioteknologi Terapan, Divisi Bank Sampah, Divisi Monitoring Analisis Bakteri sampai Divisi Konseling Kesehatan. “Semuanya dikelola oleh para siswa dengan melibatkan pihak luar seperti Puskesmas, PMI hingga BNN Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Momon yang telah menjabat Kepala SMP Negeri 1 Cilimus selama dua tahun tersebut telah melakukan banyak perubahan untuk menyulap lingkungan sekolah dari yang tadinya kumuh menjadi hijau dan nyaman seperti sekarang. Itu diawali dari pembangunan masjid yang megah dilanjutkan dengan pembangunan taman-taman di depan ruang kelas dan sudut sekolah hingga fasilitas toilet yang bersih layaknya hotel berbintang.

“Perubahan ini berkat tekad yang kuat seluruh warga SMP Negeri 1 Cilimus untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan sehat. Dengan tercapai itu semua, maka secara otomatis kegiatan belajar mengajar pun akan berlangsung efektif sehingga akan menghasilkan para lulusan yang berkualitas dan berprestasi,” ujar Momon.

Selama ini, Momon juga dikenal sukses menata sekolah-sekolah yang dipimpinnya. Karirnya mulai moncer ketika dipercaya menjabat sebagai Kepala SMPN 2 Pasawahan. Di sekolah yang dibangun dari bantuan bank dunia tersebut, Momon berhasil menata SMPN 2 Pasawahan menjadi sekolah ijo royo-royo.

Setelah itu dia kemudian ditunjuk menjadi Kepala SMPN 1 Pasawahan. Di sekolah ini juga dia menyulap lingkungan sekolah menjadi rindang, hijau dan tertata dengan baik. Keberhasilannya menata dua sekolah membuat Momon dipercaya menjadi Kepala SMPN 1 Cilimus. “Saya membangun sekolah berkat dukungan orang tua murid. Alhamdulillah SMPN 1 Cilimus sekarang jauh berbeda dengan yang dulu,” imbuhnya. (ags)