Jalang Idul Adha, Harga Sapi Naik

sapi-kurban2DATANG KE KANDANG: Peternakan sapi milik kelompok tani di Desa Kulur Kecamatan Majalengka banyak tersedia untuk kurban dengan hari variasi. FOTO: ALMUARAS/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA- Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, harga sapi meningkat drastis dengan harga bervariasi, mulai harga Rp17,5 juta hingga Rp50 juta per ekor. Salah satu desa penghasil ternak sapi di Kabupaten Majalengka yang cukup besar adalah di Desa Kulur Kecamatan Majalengka.

Puluhan hingga ratusan ekor sapi tersedia baik dipelihara oleh peternak secara perorangan maupun kelompok. Seorang anggota kelompok peternak sapi asal Desa Kulur, Wawan menyebutkan, dirinya bersama dua rekannya memelihara sapi secara berkelompok dengan jumlah sapi yang dipelihara mencapai 20 ekor.

Diakuinya, menjelang pelaksanaan Idul Kurban, harga sapi naik drastis. Dengan usia minimal setahun sapi yang dipeliharanya bisa dijual untuk disembelih saat Idul Adha.

Disebutkan Wawan, sapi yang dipeliharanya  minimal harga Rp20 juta per ekor hingga Rp30 juta yang masih tersisa. Sedangkan sapi seharga Rp45 juta sudah dijual kepada pembeli. Wawan   menjamin kalau sapi yang dipeliharnya sehat karena rutin ada pemeriksaan. “Kami tidak menjual  keluar dari kandang, karena para pembeli yang datang langsung ke kandang kami,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Seorang penjual sapi asal Blok Liung Gunung Desa Kulur H Kadim menyebutkan, dirinya memiliki 28 ekor sapi yang siap dan layak untuk dijadikan sembelihan Idul Adha.

Disebutkan Kadim, harga sapi yang dijualnya bervariasi mulai dari harga Rp17,5 juta hingga Rp50 juta. Sedangkan harga sapi sedang seharga Rp20 juta hingga Rp23 jutaan. “Sapi dengan berat 8 ton dijual seharga Rp45 juta,” kata H Kadim.

Seorang peternak sapi lainnya di Blok Telar Gedang Desa Kulur, Syukur menyebutkan, dirinya memiliki ternak sapi 12 ekor dengan harga bervaiasi. “Kalau membeli seekor sapi seharga Rp22 juta tapi kalau membeli tiga ekor sapi sekaligus bisa dengan harga Rp20 juta per ekor. “Harga tersebut termasuk ongkos kirim, sesuai kesepakatan dan kami bisa kirim langsung ke pemesan,” ujarnya seraya menambahkan dirinya juga memelihara puluhan ekor kambing yang bisa untuk kurban.

Seorang Panitia Kurban dari DKM Al-Manar, Ustad Moch Ridwan menyebutkan, untuk memenuhi kebutuhan sapi tidak perlu mencari atau memesan ke luar daerah karena. Ternyata  di Majalengka juga banyak peternak sapi dengan kualitas dan harga yang bersaing,” pungkasnya. (ara)