Jawaban ‘Cukup’ Ma’ruf Amin Mendapat Perhatian Warganet

Calon presiden nomor 01 Joko Widodo memaparkan panjang lebar soal penegakan hukum yang sering disalahartikan melanggar hak asasi manusia (HAM).

Di akhir pemaparannya, Jokowi pun sempat meminta Ma’ruf untuk menambahi pernyataannya. Namun, rupanya gayung tak bersambut, Ma’ruf lebih memilih menutup sesi jawab mereka.

“Cukup,” katanya singkat.

Moderator Ira Koesno pun memberi penjelasan singkat bahwa Ma’ruf bisa menambahi penjelasan Jokowi karena masih tersisa waktu. Namun, hal ini ditolak oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif itu.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan bahwa penegakan hukum jangan dibentrokan dengan penegakan HAM. Pasalnya, sering kali penegakan hukum seperti penangkapan teroris melindungi masyarakat yang sudah dirugikan.

“Jika ada pelanggaran hukum yang melanggar prosedur. silakan ada mekanisme yang ditempuh, lewat praperadilan. Jadi jangan dipertentangkan antara penegakan hukum dan HAM,” kata dia.

Ternyata jawaban Ma’ruf, “Cukup.” mendapat perhatian Warganet, dan membandingkan jawaban antara Ma’ruf Amin itu dengan kesempatan cawapres Sandiaga Uno yang sudah beberapa kali ikut berbicara dalam debat. Akankah kita mendengar jawaban dari Ma’ruf?

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya