oleh

Jelang Pilkada Indramayu 2020, Bawaslu Minta Bijak Gunakan Medsos

INDRAMAYU – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu tahun 2020 ditabuh KPU mulai Nopember 2019 nanti. Para calon peserta pilkada bisa mulai bersiap-siap untuk menyusun strategi politik mendulang kemenangan pada pesta demokrasi di Bumi Wiralodra.

Sejumlah partai politik (Parpol) maupun bakal calon (balon) bupati atau wakil bupati pun mulai ada yang secara masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial (medsos).

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu Nurhadi SPd mengaku, karena belum memasuki tahapan pilkada, maka belum bisa berkomentar banyak.

Namun, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk bersikap bijaksana dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, penyalahgunaan medsos, ancamannya lebih berat berdasarkan UU tentang ITE. Ketentuan itu tidak hanya berlaku bagi masyarakat, tapi juga para balon maupun parpol yang lagi menggiatkan sosialisasi menjelang pelaksanaan Pilkada.

“Sah-sah saja. Setiap orang memiliki hak untuk menyampaikan pendapat. Tapi saran saya, agar para nitizen dapat menggunakan medsos dengan bijak. Hindari ujaran kebencian dan SARA. Arif dalam membaca berita agar tidak terjebak informasi hoax,” terangnya kepada Radar, kemarin.

Medsos, kata Nurhadi, semestinya bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Bukan untuk memecah belah masyarakat.

Nuradi menegaskan, seiring dengan dirilisnya tahapan Pilkada Indramayu oleh KPU, Bawaslu beserta jajaran juga berkomitmen melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Meski sampai sekarang, Bawaslu belum diajak berkomunikasi dengan Tim Penganggaran Daerah (TPD) Sekretariat Daerah Indramayu untuk membahas anggaran Pilkada 2020. Padahal rencana giat dan anggaran sudah diajukan sejak Juli 2019 lalu.

“Kita kan tugasnya mengawasi tahapan yg dibuat kpu, jadi ya tahapannya sama. Tapi Bawaslu sampai hari ini belum diajak kopdar oleh TPD untuk membahas anggaran Pilkada 2020. Meski begitu, kita tetap optimis pelaksanaan Pilkada Indramayu bisa terlaksana,” tandasnya. (kho)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed