Jembatan Pabean Segera Dibangun setelah 2 Tahun Mangkrak, Ini Anggarannya…

327
JEMBATAN: Pembangunan Jembatan Pabean di Desa Pabean Udik Kecamatan/Kabupaten Indramayu terbengkalai. Foto:Utoyo/Radar Indramayu

INDRAMAYU – Pembangunan jembatan Pabean di Desa Pabean Udik Kecamatan/Kabupaten Indramayu yang mangkrak beberapa tahun akan dilanjutkan dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Yudi Siswanto K menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Indramayu sebenarnya sudah menyiapkan anggaran untuk melanjutkan pembangunan jembatan tersebut pada APBD 2015 lalu.

Namun karena persoalan administrasi, terutama terkait surat-surat tanah warga yang terkena pembangunan jembatan, pembangunan sempat terhenti.

Di tahun 2017 ini pembangunan jembatan tersebut akan dilanjutkan. Yudi menjelaskan, tahun ini dianggarkan sebesar Rp7 miliar untuk melanjutkan pembangunan jembatan Pabean. Sedangkan yang sudah dikeluarkan sebesar Rp70 miliar.

“Untuk tahun depan (2018) akan dianggarkan Rp10 miliar lagi, dan diharapkan bisa segera tuntas,” kata Yudi di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin.

Keberadaan Jembatan Pabean memang diharapkan dapat meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan Kecamatan Indramayu-Kecamatan Pasekan.

Targetnya, dalam satu tahun kedepan jembatan Pabean bisa dilalui pengguna jalan, sehingga memperlancar arus distribusi dari wilayah Kecamatan Pasekan menuju Indramayu kota.

Sementara Mukromin, warga Pasekan, berharap agar pembangunan jembatan Pabean bisa cepat diselesaikan. Menurutnya, kalau jembatan tersebut tuntas dibangun maka arus lalu lintas Pasekan-Indramayu menjadi lebih cepat dan mudah.

Dikatakan, keberadaan jembatan tersebut sangat penting, karena wilayah Kecamatan Pasekan merupakan salah satu pusat budidaya perikanan tambak di Indramayu. “Setiap hari kendaraan pengangkut ikan melintas di jalur ini,” ujarnya. (oet)