oleh

Jitu! Pengembang Agung Podomoro ‘Goreng’ Ibu Kota Kaltim

-Properti-11 views

JAKARTA-Pascapengumuman ibu kota baru di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, keduanya di Kalimantan Timur, pada Senin, 26 Agustus 2019, beredar iklan salah satu pengembang kakap, PT Agung Podomoro Land Tbk yang mendorong masyarakat untuk berinvestasi di proyek reklamasi pesisir (coastal road) Teluk Balikpapan.

Tak tanggung-tanggung, pengembang berkode emiten APLN itu memasang harga jualnya dari angka Rp700 juta di ibu kota baru. Sejumlah media sosial kini tengah ramai memperbincangkan iklan PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) pada sebuah harian media nasional yang memasarkan proyek reklamasi pesisir (coastal road) bernama Borneo Bay City di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berdasarkan hasil penelusuran dari berbagai sumber, didapat bahwa APLN ternyata sudah memulai proyek tersebut pada 2014. Bahkan per Juli, progres proyek diklaim hanya tersisa 25 persen dari total 1.220 unit.

Mengutip iklan tersebut, Jakarta, Selasa (27/8/2019), APLN mematok harga jual unitnya mulai dari Rp700an juta di ibu kota baru tersebut. “Investasi terbaik di ibu kota negara baru di Kalimantan Timur,” tulis iklan tersebut.

Dalam situs resmi Agung Podomoro Land, Rabu, 28 Agustus 2019, tertulis jelas bahwa mereka memiliki lahan seluas 5 hektare di lokasi bernama Borneo Bay City.

Rupanya, Agung Podomoro Land sedang mengembangkan superblok yang terdiri dari mal gaya hidup, hotel dan tujuh menara apartemen (Borneo Bay Residences). Letak Borneo Bay City sangat strategis karena berada di jantung kota Balikpapan.

Artinya, lokasi ini adalah lokasi utama. Berada di pusat administrasi kota dan area komersial, serta hanya beberapa menit dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau Sepinggan.

Sebenarnya, Borneo Bay City bukan berada di Penajam Paser Utara atau di Kutai Kartanegara, tetapi ada di Jl Jenderal Sudirman Balikpapan.

Namun, pada peta dalam iklan tersebut, Agung Podomoro menawarkan hanya 20 menit menuju ibu kota baru di Penajam Paser Utara dengan menggunakan akses tol laut Balikapapan-Penajam.

Borneo Bay City menawarkan perumahan mewah dan mudah digunakan dengan akses mudah ke transportasi umum. “Dengan begitu mudah dijangkau dari semua bagian kota,” demikian menurut keterangan dari situs tersebut.

Bukan itu saja, Agung Podomoro mengaku, sebagai properti eksklusif pertama dengan konsep superblok di Balikpapan, Borneo Bay City dirancang sebagai bangunan canggih, ramah pengguna, aman dan nyaman sehingga akan menjadi landmark yang menonjol di kota kosmopolitan ini.

Sementara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tak pernah membocorkan informasi lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur kepada pengembang. Hal ini ditegaskan Kementerian PUPR seiring dengan munculnya iklan properti di media massa.

Seperti diketahui, sehari setelah pengumuman resmi penetapan lokasi ibu kota oleh pemerintah di Kalimantan Timur, perusahaan properti raksasa PT Agung Podomoro Land Tbk memasang iklan promosi Superblock Borneo Bay City di salah satu harian nasional.

“Kami tidak memberitahu (ke pengembang), REI (Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia) inisiatif sendiri,” kata Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Yusuf Hariagung, Selasa (27/8).

Menurutnya, munculnya iklan properti di media massa oleh pengembang tersebut dimungkinkan adanya inisiatif sendiri dan tanpa bisikan dari pemerintah. Sebab menurut dia, pemerintah baru secara resmi menyampaikan lokasi ibu kota baru secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tentu pelaku pasar langsung merespon emiten berkode sama APLN. Pada penutupan perdagangan saham hari ini melonjak 7,73 persen atau 14 poin pada perdagangan hari ini menjadi Rp 195 per saham.

Mengutip laman Bursa Efek Indonesia, pada pembukaan perdagangan saham APLN diperdagangkan pada level Rp 184 per saham tetapi seharian saham APLN terus melonjak naik. Hingga penutupan perdagangan saham APLN berada di level Rp 195 per saham. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed