Jokowi Ingin Tetap Didampingi JK

Nasional

JAKARTA-Meski sudah tidak lagi berpasangan dalam Pemilihan Presiden 2019-2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih tetap berharap sosok Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) terus mendampingi dirinya. Hal tersebut diungkapkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, mengingat sosok JK merupakan tokoh yang berpengalaman baikdi bidang politik dan ekonomi.

“Saya juga tadi sampaikan mohon bantuan Pak JK untuk terus bisa membantu, mendampingi saya nantinya. Karena kita tahu beliau (JK) sangat berpengalaman baik di bidang ekonomi maupun di bidang politik,” ujar Jokowi berdasarkan keterangan yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN) di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Jokowi mengakui, sosok JK saat ini sangat membantunya, tidak hanya dalam kapasitasnya sebagai Wakil Presiden tetapi juga sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jokowi -Ma’ruf Amin. “Bisa saja di dalam struktur bisa saja tak di dalam struktur. Dua-duanya bisa. Beliau itu di manapun beliau itu serba bisa,” tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, JK menyatakan bahwa sepanjang untuk kemajuan negara, apapun harus dilakukan secara baik. Namun, JK memilih untuk berada di luar struktur pemerintahan. “Seperti saya pribadi apapun yang diharapkan tentu pasti saya akan penuhi untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Pasti tidak (di dalam struktur). Tidak ada soal,” ucapnya.

Bagi JK, sosok Jokowi merupakan pilihan terbaik di antara yang ada. “Ya karena yang terbaik dari yang ada. Pilihan terbaik kan? Kedua sudah menguasai masalah tidak perlu belajar lagi,” tandasnya.

Menurut JK, selain keberhasilan yang telah diraih selama 4 tahun dalam pemerintahan ini, Jokowi juga tidak perlu belajar lagi dalam mengusai permasalahan bangsa. JK menyakini bahwa pengalaman yang didapat dalam mengelola pemerintahan selama ini dapat dijadikan pelajaran untuk mengelola negara ini, 5 tahun ke depan, bahkan JK memastikan akan lebih baik lagi.

“Jadi waktu kan sempit, butuh cepat. Kalau perlu belajar lagi kan apa kan sudah cukup. Yang kedua, kita lihat momen-momen selama ini lima tahun kan keberhasilan cukup baik. Dan ke depannya pasti belajar dari keadaan, pasti Presiden Jokowi akan memperbaiki dan lebih baik lagi,” pungkasnya. (hrm/fin)