Juventus Tak Berdaya di Wanda Metropolitan

JUVENTUS-VS-ATLETICO-MADRID
KECEWA: Cristiano Ronaldo (tengah) kecewa dengan keputusan wasit Felix Zwayer saat Juventus melawan Atletico Madrid pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitan, Kamis (21/2) dini hari WIB. FOTO: Manu Fernandez/AP

MADRID – Rekor tak terkalahkan Diego Simeone saat bertemu Juventus, akhirnya berlanjut. Ya, pada pertemuan keempat dengan Juventus pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitan Stadium, Kamis (21/2) dini hari WIB, pelatih Atletico Madrid itu berhasil mengalahkan klub asal Turin tersebut.

Pertemuan sebelumnya, Simeone berhasil menahan imbang Juventus dua kali dan menang sekali. Baik saat menangani Catania ataupun Atletico di babak pertama, Simeone menurunkan skuad lengkap.

Kejadian yang jadi sorotan adalah ketika Diego Costa ditekling Mattia De Sciglio pada menit ke-27. Posisi jatuh Costa adalah di kotak penalti Juventus.

Wasit Felix Zwayer dari Jerman menunjuk titik penalti. Kondisi itu langsung diprotes pemain Juventus dan meminta sang pengadil diskusi dengan Video Assistain Referee (VAR). Felix memutuskan bahwa pelanggaran yang terjadi adalah di luar kotak penalti.

Di babak kedua, dua peluang emas terjadi untuk Atletico. Pada menit ke-51, Diego Costa berlari sendirian setelah mendapat umpan ciamik. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Juventus, Wojciech Szczesny, tendangan Costa melenceng.

Ada sedikit gerakan pleasing dari tendangan kaki kanan mantan pemain Chelsea itu. Peluang selanjutnya dimiliki Antoine Griezmann.

Berduel dengan Giorgio Chiellini, Griezmann melakukan tendangan voli. Namun, bola membentur tiang gawang Juventus bagian atas.

Di menit ke-70, Alvaro Morata yang masuk menggantikan Costa mencetak gol melalui sundulan. Sayang, gol tersebut dinyatakan tidak sah setelah diskusi melalui VAR.

Wasit Felix langsung melihat monitor dan diputuskan kalau Morata terlebih dahulu melakukan pelanggaran terhadap Giorgio Chiellini.

Tuan rumah baru bisa membobol gawang Juventus pada menit ke-78. Yakni saat terjadi kemelut di jantung pertahanan Juventus.

Jose Gimenez menendang bola sambil menjatuhkan diri setelah memanfaatkan bola rebound hasil heading Morata.

Atletico kembali mencetak gol pada menit ke-83. Kali ini, aktornya adalah Diego Godin.

Kapten Atletico itu menendang bola dari sudut sempit yang saat itu dihalangi oleh Cristiano Ronaldo. Bola mengenai badan Ronaldo dan berbelok arah, sehingga kiper Juventus Szczesny hanya bisa melongo.

Skor akhir laga tersebut adalah 2-0 untuk Atletico. Pada leg kedua, 13 Maret mendatang, Juventus harus menang minimal 3-0 di Juventus Stadium untuk lolos ke babak 8 besar. (mid)