Kanada Serukan Pembebasan Samar Badawi, Arab Saudi Usir Dubes Kanada, Batalkan Semua Bisnis Dua Negara

Samar Badawi, bergambar bersama Michelle Obama dan Hillary Clinton, saat menerima International Women of Courage Award pada 2012.

Arab Saudi menuduh Kanada melakukan ‘campur tangan’ dalam urusan domestik kerajaan itu, dan mengusir duta besar negeri itu dan membekukan semua perdagangan antara kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan langkah Kanada pekan lalu yang menyerukan pembebasan warga sipil dan aktivis hak-hak perempuan yang ditahan, merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Saudi.

Mereka yang ditahan dan diserukan pembebasannya oleh Kanada antara lain pegiat HAM Arab Saudi yang juga berwarganegaraan AS, Samar Badawi.

Kanada mengatakan pihaknya masih menunggu klarifikasi atas pernyataan Saudi tersebut, namun menekankan bahwa Kanada akan “selalu membela perlindungan hak asasi manusia, lebih-lebih hak-hak perempuan, dan kebebasan berekspresi di seluruh dunia,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Marie-Pier Baril.

“Pemerintah kami tidak akan pernah ragu untuk mempromosikan nilai-nilai ini dan percaya bahwa dialog (tentang hal) ini sangat penting untuk diplomasi internasional,” tambahnya.

Halaman: 1 2 3 4