Kapolres Ingin Bangun Mapolres Ciko yang Baru

KAPOLRES-CIKOKapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy

CIREBON-Setelah membangun Polsek Lemahwungkuk beberapa hari lalu Polres Cirebon Kota (Ciko) berencana membangun mapolres baru.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldi mengungkapkan, alasan utama membangun mapolres yang baru adalah karena kondisi mapolres saat ini yang berada di Jalan Veteran dianggap tidak representatif. Mapolres dianggap sempit dan tidak dapat memaksimalkan pelayanan. “Karena polres yang sekarang itu sempit dari sisi struktur bangunannya dan luas tanahnya juga. sehingga pelayanan kepada masyarakat itu sangat terbatas,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya telah menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kota Cirebon. Koordinasi dilakukan untuk meminta persetujuan pemkot perihal penggunaan lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan mapolres baru.

“Kami upayakan untuk mendapatkan hibah atau mungkin apa bentuknya, kita kaan berkoordinasi dengan pemkot. Syukur alhamdulillah kalau diberikan peluang untuk bagaimna mendapatkan lahan membangun kantor polres baru,” tutur mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

Mengenai alternatif lokasi, Roland menjelaskan, pihaknya mengusulkan untuk menggunakan lahan milik pemkot yang berada di Jalan Selamet Riadi, atau tepat di belakang asrama polisi Krucuk. Ia juga telah membuka komunikasi dengan PJ Walikota Cirebon, Dedi Taufikurahman. “Sudah ada upaya-upaya untuk cari jalan supaya kita bisa membangun polres yang baru disana,” bebernya.

Kendati begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk mencari lahan baru, meski diakuinya, mencari lahan di Kota Cirebon yang semakin padat cukup sulit. “Selain lokasi itu, karena tanah kota relatif terbatas, makanya kita bingung. tetapi laternatif lain masih kita cari. Cuma yang masih agak memungkinkan di situ,” sambung perwira dua melati itu. (day-mg)