Kepala Terminal Harjamukti Pastikan Angkutan Mudik Layak Jalan

bus
Petugas Terminal Harjamukti melakukan pemeriksaan bus sebelum pemberangkatan. FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Menghadapi arus mudik tahun ini, Terminal Harjamukti melakukan rangkaian persiapan. Diantaranya meningkatkan pelayanan calon penumpang bus dan pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Kepala Terminal Harjamukti Edi Kurniadi mengatakan, upaya pelayanan juga akan mencakup aspek kesehatan. Pihaknya akan menyediakan posko kesehatan bagi pemudik. Yang tak kalah pentingnya, untuk menunjang keamanan Terminal Harjamukti juga bekerjasama dengan kepolisian Resor Cirebon Kota untuk penjagaan 24 jam penuh. “Ini untuk meningkatkan kenyamanan dan rasa aman bagi penumpang,” ujar Edi, kepada Radar Cirebon.

Untuk menyambut arus mudik ini, sedikitnya 200 armada bus disiapkan. Ditambah dengan opsi cadangan bila terjadi lonjakan penumpang. Terminal Harjamukti juga akan berkoordinasi dengan perusahaan otobus (PO) untuk kesiapan armada.

Tidak hanya itu, pemeriksaan kelayakan angkutan diharapkan dapat meningkatkan faktor keamanan berkendara. Pihaknya memastikan, bus yang diberangkatkan dari Terminal Harjamukti seluruhnya layak. Sehingga calon penumpang tidak perlu khawatir.

Guna mengantisipasi adanya tindakan yang tidak diinginkan, Edi juga mengimbau masyarakat untuk naik bus di terminal. Bukan di pinggir jalan ataupun tempat yang tidak semestinya. Seringkali kecurangan maupun tindakan kriminalitas terjadi di lingkungan luar terminal. “Kalau di dalam, kami jamin semua. Keamanan, kenyamanan terjamimn,” tandasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat membeli tiket di loket-loket yang disediakan Terminal Harjamukti sediakan. Bukan dari membeli di calo tiket. Hal ini dapat menghindarkan calon penumpang menjadi korban dari pengenaan tariff yang tidak semestinya. (myg)

Content Protection by DMCA.com