Keren, Gapoktan Ini Bisa Jual Beli Beras lewat Aplikasi E-Commerce

Kabupaten Indramayu
GAPOKTAN-PAKAI-E-COMMERCEE-COMMERCE: Ketua Gapoktan Sri Makmur Kecamatan Jatibarang menunjukkan aplikasi order beras online TTI yang sudah digunakan dalam pemasaran, Rabu (4/12). FOTO: FOTO: ANANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Petani Indramayu mulai mencoba memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraannya. Gapoktan Sri Makmur Jatibarang contohnya. Mereka mulai merambah perdagangan elektronik (e-commerce) untuk memudahkan transaksi jual beli beras Toko Tani Indonesia (TTI).

Dengan terobosan ini, toko yang menyalurkan beras TTI bisa mengorder beras lebih mudah sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang dibutuhkan. Gapoktan Sri Makmur Jatibarang sendiri merupakan satu-satunya gapoktan di Kabupaten Indramayu yang sudah mengaplikasikan e-Commerce.

Aplikasi jual beli dibuat oleh Kementan RI. Di mana pada aplikasi ini, pembeli bisa memesan beras Toko Tani Indonesia. Nantinya pembayaran bisa dilakukan dengan sistem COD (cash on delivery)  atau secara transfer.

Ketua Gapoktan Sri Makmur Jatibarang Ayi Sumarna mengatakan, kelompok taninya merupakan salah satu gapoktan yang mendapat bantuan pemerintah untuk menyediakan beras TTI.

“Untuk penjualan dan order beras toko tani, kami gunakan aplikasi toko tani online dari Kementan. Jadi pemesan sudah masuk dan tercantum pada Kementan. Nah mereka bisa order beras menggunakan aplikasi ini,” ujarnya.

Adanya aplikasi online toko tani, sangat memudahkan penyedian beras TTI seperti gapoktan, dan juga toko beras yang masuk menjadi TTI dalam melakukan transaksi.

“Semuanya di aplikasi ini. Siapa saja yang order beras, melalui gapoktan mana saja yang menyanggupi permintaan, nantinya menggunakan mobil apa, nama sopir, identitas pengirim semua tercantum pada aplikasi TTI online,” ujarnya.

Apabila saat penerimaan beras yang diterima tidak sesuai kualitasnya, pemesan dapat mengembalikan pesanan. Sehingga tidak merugikan pemesan.

Sedangkan, Koordinator BPP Jatibarang Oyot mengatakan, aplikasi order beras online yang diterapkan Kementan RI kepada Gapoktan Sri Makmur di Kecamatan Jatibarang sangat mempermudah dalam pemasaran beras TTI. Apalgi dengan aplikasi itu Kementan dapat memantau secara langsung bagaimana kinerja gapoktan dalam memenuhi pesanan beras TTI.

“Jelas pesanan dapat melayani dalam jangkauan yang luas, bukan hanya di daerah sendiri saja. Tapi di daerah lainnya, termasuk ke wilayah Jabodetabek, dan sekitarnya,” ujarnya. (oni)