oleh

Kesadaran Masyarakat Tertib Administrasi Sudah Baik

CIREBON – Kesadaran masyarakat Kabupaten Cirebon dalam ketertiban administrasi sudah baik. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs H Rahmat Sutrisno MSi usai memberikan sambutan Bimtek Pengelolaan Registrasi Administrasi Kependudukan Tahun 2019, di salah satu hotel di bilangan Tuparev, kemarin (11/9).

Menurutnya, berdasarkan laporan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, jumlah penduduk Kabupaten Cirebon tahun 2019 semester pertama sebanyak 2.184.380 jiwa yang jadi pemohon.

Kemudian yang sudah wajib KTP elektronik 1.650.484 jiwa. Sedangkan dalam penerbitan kutipan akta kelahiran bagi anak usia nol sampai 18 tahun sebanyak 542.718 jiwa, serta memiliki akta kelahiran dari 744.891 anak atau setara dengan 70,04 persen.

“Jika melihat dari data yang ada, kesadaran penduduk dalam tertib administrasi sudah baik. Bahkan, forum konsultasi publik ini bagian dari upaya kami di pemerintah dalam merealisasikan itu. Semua terus bisa berjalan dengan mekanisme patuh pada aturan yang sudah dibuat,” katanya.

Rahmat menjelaskan, Disdukcapil juga melakukan kerja sama dengan beberapa instansi di lingkup kecamatan. Sehingga, data yang sudah ada bisa mewakili penduduk Kabupaten Cirebon dan bisa dimanfaatkan oleh unit layanan publik lainnya, baik pemerintah maupun swasta.

“Setelah kerja sama ini, mereka dapat mengakses data kependudukan sesuai perjanjiannya. Karena setiap data kependudukan harus dilindungi. Tetapi yang bekerja sama diizinkan dengan akses sesuai perjanjian. Yang diizinkan itu adalah nama, NIK dan alamat. Sedangkan data biometrik lainnya ada yang diizinkan ada yang tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Kabupaten Cirebon, Mohammad Syafrudin menyampaikan, kegiatan sosialisasi dan konsultasi ini adalah upaya pencegahan terhadap perilaku menyimpang terkait pelayanan kependudukan. Baik itu dari segi penerapan administrasi maupun sistem manajemen yang berbasis teknologi.

“Ada tiga poin penting yang dikonsultasikan. Yakni dalam memenuhi Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 tentang tata cara pendaftaran penduduk. Kemudian, untuk mendapatkan KTP elektronik dengan menggunakan layanan pendaftaran melalui E-KTP Kabupaten Cirebon secara online. Terakhir, untuk melakukan permohonan akta kelahiran, silakan gunakan situs akta online Kabupaten Cirebon,” singkatnya. (sam)

News Feed