Kongres PSSI, Jadi Momentum Silaturahmi Suporter

364
AKRAB: Bonita dan Bonek mania saat menyaksikan pertandingan di Stadion Jalak Harupat Bandung. Mereka akan dijamu oleh Bobotoh di Kongres Tahunan PSSI foto: persebayasurabayabonitaunyu

JAKARTA – Kongres Tahunan PSSI 8 Januari 2016 di Bandung nanti akan menjadi salah satu jalan buat Persebaya Surabaya kembali ke jalur kompetisi Indonesia. Pada kesempatan yang sama, sejumlah kelompok suporter di Indonesia juga akan datang ke Bandung untuk mengadakan pertemuan.

Informasi yang dihimpun, mereka akan menjalankan kegiatan di luar ring satu Hotel Aryaduta, arena kongres nantinya. Sambutan hangat juga disampaikan Viking Persib Club (VPC), salah satu kelompok suporter terbesar Persib.

Melalui Ketua VPC, Heru Joko, pihaknya siap menyambut kelompok suporter untuk datang ke Bandung. Terkhusus buat Bonek, suporter Persebaya, Heru menaruh hormat kepada mereka. “Ini bagian dari perjuangan mereka, kami respect untuk itu,” sebutnya, kemarin (3/1).

Heru mengatakan kalau jamuan kepada kelompok suporter yang datang ke Bandung akan mengalir natural. “Maksudnya, ini bagian dari silaturahmi kami dengan mereka,” urainya. Langkah yang sama juga dialami Viking ketika mereka melawat ke kota lain.

Dukungan nyata juga dijalankan Ginda Ferachtriawan, Wakil Presiden Pasoepati, kelompok suporter Persis Solo. Dia menilai, keberadaan suporter di kongres nanti seharusnya tidak menjadi teror buat peserta kongres. Tetapi, pada dasarnya mereka hanya berharap keberadaannya masih dianggap sebagai salah satu stakeholder sepak bola Indonesia.

“Selama ini suporter selalu disudutkan ketika terjadi chaos, seharusnya ini menjadi momentum untuk duduk bersama,” terangnya.

Seperti halnya Viking, Pasoepati juga sepakat agar Persebaya bisa kembali ke salah satu orbit kompetisi sepak bola Indonesia.

“Bonek memperlihatkan bahwa mereka betul-betul berjuang untuk tim kebanggaan,” sebutnya. Ginda mengatakan, dirinya juga akan datang bersama perwakilan Pasopati lainnya ke Bandung.

Satu ide untuk penataan suporter juga disampaikan Lilik Yulianto, salah satu koordinator Slemania, sebutan fans PSS Sleman. Masih terekam dalam ingatannya sepak bola gajah yang melibatkan tim PSS masih menyisakan luka buat dia. “Kami juga berharap kasus tersebut bisa diselesaikan,” terangnya.

Terkait semangat Bonek untuk mengawal Persebaya, Lilik menilai langkah tersebut juga akan berlaku sama andaikata PSS berada di posisi yang sama. “Rencananya saya akan berangkat 7 Januari nanti, sambil menunggu rombongan dari Surabaya,” katanya. (nap)

BAGIKAN