Kontribusi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Menyambut Pesta Olahraga Asian Games 2018

Kontribusi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Menyambut Pesta Olahraga Asian Games 2018 - Radar Cirebon

Indonesia akan menjadi tuan rumah yang kedua kalinya dalam perhelatan ajang olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games yang ke 18, sebelumnya Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games tahun 1962 silam. Asian Games 2018 akan diselenggarakan di dua kota besar yakni Jakarta dan Palembangpada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 yang akan diikutioleh 45 negara, dan 40 cabang olahraga.

Menurut Sri Sundari “16 kali mengikuti ajang Asian Games yakni Pada tahun 1951-2014 Indonesia telah meraih medali sebanyak 407 buah medali, diantaranya terdiri dari 87 buah buah medali emas, 117 buah medali perak, dan 203 buah medali perunggu. Semoga di Asian Games 2018 yang akan datang Indonesia bisa meraih dan menambah koleksi medali emas”.

Bentuk dukungan dalam menyambut pesta olahraga terbesar di Asia ini, para mahasiswa Program Pascasarjana Doktoral Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta angkatan 2017 menyelenggarakan seminar nasional yang bertema “ “Spirit Energy for Asian Games 2018” yang dilaksanakan pada tanggal 09 Mei 2018 di Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta yang dihadiri kurang lebih 80 peserta baik itu dari kalangan mahasiswa, akademisi, media, dan umum.

Dalam kegiatan seminar tersebut, mendatangkan 3 pemateri. Pertama dari aspek pemerintah yakni Prof. Dr. Mulyana, M.Pd selaku Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, yang memaparkan materi terkait hal-hal tentang pendanaan dan bonus atlet yang berprestasi.

Kedua dari aspek akademisi yakni Prof. Dr. dr. James Tangkudung, Sportmed,. M.Pd, selaku Koorprodi Program Doktor Penjas PPS UNJ, mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki peluang masuk 8 besar.  Hal tersebut berdasarkan bidang keahlian beliau dalam keilmuan tentang Sport Science, dari beberapa cabang olahraga unggulan yang diprediksi akan mendulang emas, antara lain Bulutangkis, Pencak Silat, Angkat Besi, Panjat Tebing, Wushu, Jet Sky, Taekwondo, Dayung, Paralayang, Bridge dan Panahan.

Dan yang ketiga dari aspek Pemerintahan Dispora DKI yaitu Tomi Ari Sudewo, dalam paparan materinya menjelaskantentang sarana prasarana, pengelolaan venue yang akan digunakan di Asian Games 2018, khususnya venue yang ada di Jakarta, tentunya berharap semua venue selesai sesuai target dan dapat berjalan dengan lancar dan sukses untuk digunakan di waktu pelaksanaan berlangsung Agustus mendatang.

Paparan dari ketiga pemateri intinya sama untuk mewujudkan ajang Asian Games 2018 sukses dalam penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi. Mahasiswa doktoral penjas 2017 UNJ mendukung penuh perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia yakni Asian Games 2018.

Lanjut sri “Mahasiswa sebagai penerus bangsa, oleh karena itu khususnya mahasiswa jurusan penjas harus mempunyai jiwa juang dan membangun bangsa, salah satunya berkontribusi bahkan ikut serta menjadi volunteer yang akan menjadi pelaku sejarah bangsa Indonesia dalam mensukseskan pelaksanaan Asian Games ini. Harapannya semoga Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 dalam penyelenggaraan berlangsung sukses, juga sukses dalam administrasi dan tentunya sukses dalam raihan medali emas dan peringkat Indonesia naik”.

 

Penulis: Sri Sundari, S. Pd., M. Pd

Pekerjaan : Dosen Pendidikan Jasmani Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon

Penulis merupakan Mahasiswa Program Doktoral di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Jasmani angkatan 2017. Tulisan ini sebagai salah satu tugas untuk memenuhi Mata Kuliah Pengembangan Profesi Penjas dan Olahraga yang diampu oleh : Prof. Dr. Sofyan Hanif, M. Pd

 

Komentar Pembaca