Kota Cirebon Miliki Talenta Baru dari Senam

TALENTA-BARU-DARI-SENAMJUARA UMUM: Guru Olahraga SMPN 1 Kota Cirebon, Rahmat Nugraha bersama para pesenam andalannya foto bersama usai pertandingan senam Popkota 2018. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON – Cabang olahraga senam baru mempertandingkan kategori artistik pada Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkota) Cirebon 2018. Pertandingan digelar di Sport Hall Bima Kota Cirebon kemarin (12/12). Sejumlah talenta muda terbaik Kota Udang bermunculan.

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani) Kota Cirebon, Wasiroh mengatakan, sudah mencatat nama sejumlah pesenam yang akan masuk program pembinaan jangka panjang. Kelak, mereka akan jadi andalan Kota Cirebon, baik di event tingkat pelajar maupun umum.

“Selalu ada kejutan di Popkota. Selalu muncul talenta-talenta baru. Tim pelatih dari Persani pun sigap memantau performa mereka. Kita sudah simpan sejumlah nama yang masuk proyeksi jangka panjang,” tuturnya kemarin.

Pertandingan cabang senam diikuti ratusan atlet kategori SD, SMP dan SMA. Di kelompok SMA, pesenam andal Kota Udang masih mendominasi. Salah satunya Prayoga Asmara. Eks pesenam Porda Jabar XIII/2018 itu meraih medali emas bagi kontingen SMKN 1 Kota Cirebon di nomor kuda pelana.

Atlet-atlet baru lahir dari kelompok SD dan SMP. Yang cukup menonjol, Noviyanti RF dan Alif Pramana. Dua pesenam asal SMPN 1 Kota Cirebon ini memborong dua medali emas. Novi meraih emas dari nomor serba bisa dan lantai putri. Sedangkan Alif menggondol dua emas dari nomor palang sejajar dan serba bisa putra.

SMPN 1 juga menambah satu emas dan satu perak dari Roushan Fikry di nomor meja lompat plus serba bisa putra. Lalu, satu perak dari Cyntia Afina (balok keseimbangan putri) serta duet Alif Pramana dan Roushan Fikry di nomor beregu putra. Akibat hasil tersebut, SMPN 1 menjadi juara umum cabang senam pada pesta olahraga pelajar terbesar di Kota Cirebon tersebut dengan total 5 emas dan 3 perak.

Alhamdulillah, pertandingan hari pertama berjalan lancar dan sukses. Para pesenam juga mampu menampilkan performa mereka yang terbaik. Berikutnya masih ada pertandingan kategori ritmik yang akan digelar pada hari Jumat (14/12),” kata Ketua Pelaksana Cabang Senam Popkota 2018, Aries Afianto. (ttr)