Kuningan Terima Hibah Mobil Pengangkut Sampah

HIBAH-MOBIL-SAMPAHMOBIL HIBAH: Bupati Acep Purnama mengecek mobil hibah dari PT Cinta Damai Putra Bahagia. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan mendapatkan hibah satu unit mobil bak terbuka dari PT Cinta Damai Putra Bahagia Cirebon. Hibah mobil Suzuki APV Meg Carry Armroll diserahkan secara simbolis perwakilan PT Cinta Damai Bahagia Cirebon kepada Bupati Kuningan Acep Purnama usai apel pagi di halaman Setda Kuningan, Senin (7/1).

Mobil hibah senilai Rp 230 juta itu dilengkapi dua bak sampah terbuka dan tertutup. Hal itu untuk meringankan beban pemerintah daerah sebagai sarana pelayanan persampahan di Kuningan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada PT Cinta Damai Putra Bahagia, yang telah mendonasikan CSR-nya (Corporate Social Responsibility) untuk kegiatan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Untuk itu, saya berharap Dinas Lingkungan Hidup dapat merawat serta  memanfaatkan secara optimal,” kata Bupati Kuningan Acep Purnama saat memberikan keterangan persnya.

Bupati Acep menilai, hibah yang diberikan PT Cinta Damai Putra Bahagia Cirebon kepada pemerintah daerah sangat tepat. Sebab, dalam menangani soal sampah di Kabupaten Kuningan tidak hanya ditangani pemerintah daerah, tapi butuh peran serta masyarakat termasuk pihak pengusaha.

“Apalagi dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai daerah konservasi, yang tak bisa dipisahkan dengan upaya pelestarian lingkungan. Termasuk di dalamnya yaitu menjaga kebersihan atau mengatasi soal sampah,” jelasnya.

Menyinggung soal konservasi lingkungan, Bupati Acep berharap terus mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat, tak terkeculai pihak pengusaha galian pasir dan batu. Bagi Acep, akan sangat elok apabila para pengusaha galian menempuh semua prosedur perizinan yang berlaku.

“Upaya pelestarian lingkungan yaitu turut serta mengembalikan ekosistem yang sudah rusak akibat proyek. Kita perlu melakukan reboisasi serta tindakan merawat lingkungan lainnya,” singkatnya. (ags)