Kuwu Desa Ciledug Wetan Desak Pembangunan Jembatan Gantung Ciledug Dikebut

dri---pondasi-jembatan-gantung-(5)Proses pengerjaan jembatan gantung di Sungai Cisanggarung Desa Ciledug Wetan, berkejaran dengan waktu karena saat ini hujan sudah sering turun dan dikhawatirkan bisa menghambat pekerjaan.FOTO:ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON-Kuwu Desa Ciledug Wetan, Sudin meminta pengerjaan proyek pembuatan jembatan gantung permanen di desa setempat, dikebut dan dikerjakan dengan cepat. Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah nyaris memasuki musim penghujan, sehingga jika pengerjaan tidak dikebut, maka diprediksi pekerjaan akan sangat sulit jika dilakukan pada saat musim hujan.

Menurut Sudin, Sungai Cisanggarung adalah sungai yang jika pada musim hujan debit airnya akan meningkat drastis. Dan hampir dipastikan bakal menyulitkan pekerjaan pembuatan jembatan gantung tersebut.

“Ini sudah nyaris masuk musim hujan. Pengerjaan menurut laporan perangkat desa baru masuk di fondasi. Belum masuk ke tahap konstruksi badan atau fisik jembatan. Ini yang kita khawatirkan karena sekarang sudah nyaris masuk musim hujan,” ujarnya.

Debit sungai Cisanggarung menurut Sudin, akan sangat besar pada saat musim hujan. Bahkan pada musim hujan awal tahun lalu, debit Sungai Cisanggarung melimpas melebihi tanggul di beberapa titik. “Ini tantangan sekaligus tanggung jawab yang harus dibuktikan. Kontraktor sekarang harus berpacu dengan waktu. Terlebih hujan sudah mulai sering datang dan kondisi tersebut jelas mengancam dan membuat pekerjaan terancam tidak selesai tepat waktu,” imbuhnya.

Namun demikian, pihaknya tetap mendukung dan mendoakan agar pekerjaan tersebut cepat selesai dan rampung dalam waktu dekat. Pasalnya, jembatan tersebut adalah jembatan yang sangat bermanfaat untuk warga setempat, baik yang bertujuan berobat ke puskemas, rumah sakit maupun warga yang hendak menuju tempat pelayanan pemerintah lainnya. “Mudah-mudahan cepat selesai. Kami sendiri tidak sabar untuk segera menggunakannya,” imbunya. (dri)