Labu Lemahputih Tembus Pasar Jakarta

LABU-SIAMSENTRAL LABU: Camat Lemahsugih Deden Supriatna didampingi Kades Lemahputih Asep Setia Permana saat ikut panen labu milik petani, Selasa (8/1). FOTO: BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Selain terkenal sebagai penghasil tomat, Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih juga mulai dikenal sebagai sentral penghasil labu siam. Bahkan, labu yang dihasilkan petani Desa Lemahputih sudha menembus pasar tradisional dan modern di Bandung dan Jakarta.

Camat Lemahsugih Deden Supriatna didampingi Kepala Desa Lemahputih Asep Setia Permana mengatakan, bangga dengan keberhasilan petani di wilayahnya yang bisa menjadikan sentral sayuran dan buah tomat serta labu.

“Dalam sehari, puluhan hingga sampai ratusan ton labu siam hasil panen masyarakat petani bisa dijual ke berbagai kota-kota besar yang ada di wilayah Jawa Barat termasuk telah berhasil menebus sampai ke Jakarta,” papar Deden saat menghadiri panen labu di lahan milik warga, Selasa (8/1).

Dede menyebutkan, ratusan hektare areal pertanian milik masyarakat petani selain ditanami tanaman sayur-mayur dan buah tomat, juga di beberapa areal pertanian sekarang telah dipenuhi dengan tanaman labu. Tidak heran, dengan adanya tanaman labu, masyarakat petani di wilayahnya mendapatkan penghasilan tambahan yang secara otomatis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

“Tata-rata petani setiap harinya bisa menjual hasil panennya berkisaran antara 100 kilogram sampai dengan 300 kilogram labu siam. Masyarakat petani di wilayah kami tidak lagi hanya dengan mengandalkan dari hasil panen sayur-mayur dan buah tomat saja,” ungkapnya.

Deden mengaku berbangga hati dengan keberhasilan petani di wilayahnya yang berhasil melakukan budi daya labu hingga sampai berhasil. “Waluh (labu) yang dipanen petani di wilayah kami sekarang sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya. (har)