Lagi, Cirebon Power Berikan Asuransi Kecelakaan untuk 3.000 Nelayan

ASURANSI NELAYAN: Cirebon Power kembali memberikan program perlindungan terhadap 3.000 nelayan di kawasan pesisir Cirebon. Foto: Cecep/radarcirebon.com

CIREBON – Cirebon Power kembali memberikan program perlindungan terhadap nelayan. Kali ini memberikan asuransi terhadap 3.000 nelayan di kawasan pesisir Cirebon.

Program asuransi yang dinisiasi Cirebon Power diberikan bagi para nelayan di wilayah sekitar pesisir Cirebon. Pemberiaan asuransi dilakukan secara simbolis kepada 10 nelayan perwakilan 10 desa yang menerima manfaat program.

Cirebon Power akan menanggung premi para nelayan. Tujuannya, untuk perlindungan asuransi kecelakaan diri (AKD) yang menjamin santunan bagi para nelayan bila mendapatkan musibah atau kecelakaan di laut.

Pemberian asuransi berbarengan dengan acara syukuran HUT ke-67 Korps Polairud di kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Pegambiran, Kota Cirebon, Selasa (5/12). Hadir dalam acara itu Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto.

Sebelumnya, lebih dari 15 ribu nelayan di wilayah pesisir Cirebon merasakan manfaat asuransi kecelakaan diri yang diberikan Cirebon Power. Sekarang tiga ribu nelayan lagi diberikan asuransi serupa oleh Cirebon Power.

Nantinya, nelayan yang mengalami musibah atau kecelakaan kerja di laut akan menerima santunan senilai Rp 10 juta jika sampai meninggal dunia. Jika mengalami cedera akan menerima santunan Rp 1 juta sampai Rp 5 juta.

“Dulu kita selalu waswas, khawatir tertimpa musibah (saat melaut, red). Semoga dengan Asuransi ini secara psikologis kita bisa tenang,” kata Misnen, nelayan asal Desa Kanci Kulon.

Direktur Cirebon Power Teguh Haryono mengatakan, sudah berkomitmen untuk membuat program perlindungan terhadap nelayan. Sehingga manfaat Cirebon Power semakin luas dirasakan nelayan pesisir Cirebon.

“Nelayan adalah tetangga terdekat kami. Kami selalu berupaya untuk bermanfaat bagi nelayan dan ini adalah salah satu program kami untuk melayani. Selain itu kami juga memberikan bantuan alat tangkap, pendampingan, ekonomi dan juga pembersihan lingkungan bersama nelayan,” kata Teguh.

Direktur Polisi Air dan Udara Polda Jabar Kombes Suwarto mengatakan, program asuransi yang bermitra dengan Cirebon Power bertujuan membantu nelayan jika terkena musibah. Terutama kecelakaan di laut.

Dari data yang tercatat, adanya asuransi dengan premi gratis untuk nelayan, kecelakaan di perairan pada 2017 cenderung menurun. Sepanjang tahun 2016 mengalami 67 kecelakaan, tapi pada 2017 tercatat hanya 40 kecelakaan.

“Dari catatan kami, kecelakaan laut menurun. Kami juga rutin mengimbau nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut apabila cuaca buruk,” katanya. (cecep)