Layanan Data XL Axiata Terus Meningkat

XL-DianSiswariniPresiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Foto: XL for radarcirebon.com

JAKARTA –  Pertumbuhan layanan data terus mendorong pencapaian pendapatan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di semester 1 2018 ini. Tercatat pendapatan layanan data meningkat sebesar 19 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Capaian ini sekaligus menunjukkan terus meningkatnya kontribusi layanan data terhadap total pendapatan layanan per triwulan ke-2 2018 hingga mencapai 79 persen, lebih tinggi dari capaian tahun lalu di periode yang sama sebesar 67 persen. Selain itu, pada paro pertama 2018 ini, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 2 persen YoY dengan marjin meningkat menjadi 36,0 persen sebagai dampak dari meningkatnya pendapatan dan upaya efisiensi biaya.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, kinerja XL Axiata di semester pertama 2018 mencerminkan dinamika industri yang semakin kompetitif. Dinamika itu dibarengi dengan adanya perubahan struktural di pasar prabayar berupa kewajiban registrasi SIM prabayar.

Meskipun dihadapkan pada kondisi industri yang sangat menantang saat ini, kami masih berhasil meraih pertumbuhan pendapatan di periode ini. Selain itu, kewajiban registrasi SIM prabayar juga memberikan hasil yang positif bagi XL Axiata.

“Dari performa semester pertama dan dinamika yang terjadi di industri saat ini, kami masih yakin adanya peluang yang lebih baik di semester dua, termasuk jika nanti tarif data yang lebih rasional jadi diberlakukan,” kata Dian.

Dian menyatakan, pertumbuhan pendapatan sebesar 1 persen YoY di semester pertama ini ditopang terutama oleh pertumbuhan yang berkelanjutan pada layanan data.

Kinerja XL Axiata saat ini juga menunjukkan keberhasilan menerapkan strategi dual brand. Di mana merek XL dan AXIS mampu memenuhi ekspektasi segmen pasarnya masing-masing melalui penawaran produk data yang inovatif dan menarik.

Penawaran produk inovatif seperti paket bundel smartphone dan paket khusus pada periode Lebaran lalu, yang juga berkontribusi pada kinerja kuartal ini. “Kartu AXIS juga terus ditawarkan untuk segmen kalangan anak muda, melalui paket internet HITZ dan Bronet,” paparnya. (ri/adv)