Makam Pahlawan Sirnalaya Tidak Terurus

dri -makampahlawan tak terawat (4)
TAK TERAWAT: Kondisi komplek Makam Pahlawan Sirnalaya di Sindanglaut tidak terawat. Hal ini mengundang keprihatinan banyak pihak. Mereka mendesak pemcam dan pemkab turun tangan mengatasi kondisi tersebut.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON– Kondisi komplek Makam Pahlawan Sirnalaya Lemahabang, Kabupaten Cirebon tidak terawat. Sejumlah makam atau kuburan yang diyakini sebagai pejuang kemerdekaan tersebut, terlihat memprihatinkan dan tidak terurus.

Komplek Makam Pahlawan Sirnalaya yang terletak di Desa Sindanglaut, Kecamatan Lemahabang itu, seperti luput dari perhatian pemerintah. Sehingga mengundang keprihatinan dari banyak pihak.

Aktivis Cirebon Timur, Rizky Pratama kepada Radar Cirebon mengaku miris dengan kondisi yang ada. Menurutnya, jika di lokasi tersebut merupakan komplek makam pahlawan, harusnya bisa dipindahkan ke lokasi makam pahlawan milik Pemkab Cirebon di Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber. Agar mendapatkan perlakuan yang pantas atas jasa-jasanya selama zaman perjuangan.

“Banyak generasi muda yang tidak tahu lokasinya. Kalau warga setempat saya yakin pasti tahu. Ini kewajiban seluruh elemen untuk mengenalkan kepada generasi muda agar semangat juang para pahlawan bisa dipelajari dan ditelusuri. Perhatian dari pemkab dan pemcam pun agar maksimal dan komplek pemakaman tersebut tidak telantar,” ujarnya.

Di lokasi tersebut, saat ini terdapat 12 makam yang hanya tertulis nama. Dan beberapa di antaranya tertera jelas nama serta tanggal wafatnya. Namun kurangnya perhatian, membuat keberadaan makam ini hanya diketahui sedikit orang saja.

Camat Lemahabang Edi Prayitno saat ditemui Radar Cirebon mengakui, keberadaan makam pahlawan di wilayah Lemahabang tersebut, harus didalami lebih lanjut untuk mengetahui apakah yang dimakamkan di lokasi tersebut adalah pejuang kemerdekaan atau bukan.

Sehingga, selanjutnya pemcam atau pemkab bisa melakukan upaya lebih lanjut, termasuk mengusulkan relokasi pemakaman tersebut ke Taman Makam Pahlawan milik Pemkab Cirebon di Gegunung, Sumber.

“Jujur kita belum tahu siapa saja yang dimakamkan di sana. Kita ingin telusuri dulu apakah yang dimakamkan tersebut merupakan pahlawan kemerdekaan atau bukan. Kan perlu diverifikasi dulu. Selanjutnya jika memang pahlawan kemerdekaan, akan kita usulkan untuk direlokasi ke Taman Makam Pahlawan Cakrabuana Sumber,” ungkapnya. (dri)

Berita Terkait