Malam Ini Gempa 4,8 Magnitudo Guncang Tasikmalaya, Warga Berhamburan

GEMPA-ILUSTRASIIlustrasi. (dok jawa pos)

GEMPA bumi tektonik dengan kekuatan 4,8 Magnitudo baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (7/1) sekitar pukul 22.04 WIB. Titik gempa terjadi di koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya di laut pada jarak 62 Km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya pada kedalaman 21 Km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto merilis, hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis II-III MMI. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa. Sementara hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa susulan.

(Baca: Setelah Halmahera Barat, Gempa Guncang Tasikmalaya Terasa Hingga Ciamis)

“Untuk itu kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” kata Joko.

Sementara itu, kesaksian Yanto S Utomo, CEO Radar Cirebon yang sedang berada di wilayah Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, saat kejadian sebagian warga langsung berhamburan keluar rumah. Meskipun guncangan gempa mereda, tapi saat ini sebagian warga masih berada di luar rumah.

Yanto juga mengabadikan situasi sekitar kejadian dengan merekam video. Dalam video rekamannya, tampak sebagian warga berada di luar rumah tapi situasinya sudah mulai kondusif. “Alhamdulillah aman,” katanya. (hsn)