Maling Bobol SMPN 1 Beber, 33 Monitor Komputer dan Satu CPU Server Raib

Polisi memasang gari polisi di laboratorim computer SMPN 1 Beber. Sebanyak 33 monitor dan satu CPU server hilang. FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON
Polisi memasang gari polisi di laboratorim computer SMPN 1 Beber. Sebanyak 33 monitor dan satu CPU server hilang. FOTO:CECEP NACEPI/RADAR CIREBON

CIREBON-Labolatorium Komputer SMPN 1 Beber, Kabupaten Cirebon diacak-acak kawanan pencuri Rabu dini hari (11/9). Sebanyak 33 monitor komputer dan satu CPU server digondol maling. Akibatnya, sekolah mengalami kerugian sekitar Rp25 juta.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, kejadian tersebut diketahui kali pertama oleh penjaga SMPN 1 Beber, bernama Emod Ahmad (70). Malam itu sebelum kejadian, Emod mengaku tidak enak badan, sehingga tertidur pulas di kursi ruang Tata Usaha (TU) setelah patroli malam ke setiap ruangan.

“Semalam saya kontrol ruang komputer ada Pak Yuri, salah satu guru juga yang biasa bantu saya jaga malam. Semua komputer masih ada. Sekitar pukul 22.00 WIB, saya masuk ke ruang TU dan ketiduran karena tidak enak badan,” katanya.

Sekitar pukul 05.00 WIB, Emod terbangun dan akan mengambil baju untuk kerja. Namun saat melihat pintu laboratorium komputer terbuka, Emod curiga. Dia lansung memeriksa. Saat dicek hampir semua komputer di dalam ruangan hilang.

“Kaget, kok komputer tinggal delapan. Yang lainnya tidak ada. Saya laporan ke Pak Yuri sebelum laporan ke kepala sekolah. Pintu masih kebuka, kayak tidak terkunci. Cuman, pintu teralis yang terkunci. Tapi, ada bekas congkelan,” papar Emod sembari menunjukkan pintu teralis yang dicongkel.

Menurut Emod, pencuri diduga tidak sendiri. Namun, berkelompok. Mereka memarkirkan mobilnya di depan sekolah kemudian masuk ke dengan cara melompati pagar. Setelah itu membobol pintu laboratorium komputer. “Pagar depannya pendek, jadi kemungkinan lompat. Sudah laporan ke polisi, dan sudah olah TKP,” katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Pagi itu juga, setelah pihak sekolah melaporkan ke Polsek Beber, unit Reskrim langsung ke lokasi kejadian  untuk melakukan olah TKP. Polisi juga memasang police line dan memeriksa beberapa saksi.

Kapolres Cirebon Kabupaten (Cikab) AKBP Suhermanto melalui Kasubag Humas Iptu Muhyidin yang dikonfirmasi Radar data yang baru diperoleh 33 buah monitor dan satu buah CPU server hilang. “Pengejaran pelaku oleh Sat Reskrim Polres Cirebon mem-back up Polsek Beber. Pelaku adalah spesialis dan lebih dari dua orang,” pungkasnya. (cep)

Berita Terkait