oleh

Mau ke Pulau Biawak? Siapkan Rp 3 Juta untuk Sewa Kapal

-Go Traveler-10 views

PULAU Biawak terletak di Kabupaten Indramayu, tepatnya di Desa Pabean Ilir, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Warga lokal menyebutnya dengan Pulau Menyawak. Pulau ini sudah menjadi desnitasi wisata yang disinggahi para traveler.

Pulau yang terletak berjarak 19 mil atau 30 kilometer dari pusat kota hanya dapat diakses dengan perjalanan laut menggunakan kapal para nelayan yang disewa dengan menempuh perjalanan laut selama 4 sampai 5 jam dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong Indramayu.

Meski Pulau Biawak menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi ketika datang ke Kabupaten Indramayu, namun tidak semua wisatawan dapat masuk singgah ke pulau secara sendiri-sendiri. Karena masih minimnya sarana transportasi menuju pulau.

Hanya bisa ditempuh menggunakan kapal atau perahu nelayan yang dapat disewa para wisatawan. Harga sewa kapal nelayanan pun cukup fantastis, di kisaran harga Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta sekali pulang pergi (PP).

Sehingga, sangat disarankan bagi para traveler, jika ingin ke Pulau Biawak harus rombongan. Minimal 10-15 orang dalam sekali jalan, sehingga biaya bisa gotong royong 200 ribu per orang.

Bagi wisatawan yang menggunakan kereta api, turun di Stasiun Jatibarang, naik ojek sekitar 5-10 menit. Terus disambung angkot biru jurusan Indramayu-Jatibarang perjalan sekitar 20 menit, kemudian turun di Bunderan Mangga. Lalu, naik Angkot 05 turun di Karangsong sekitar 10-15 menit, dan bisa menyewa kapal nelayan.

Kedua, jika wisatawan menggunakan bus turun di Terminal Sindang, kemudian naik angkot 05 turun di Karangsong sekitar 15 menit dan menyewa kapal nelayan. Ketiga, dari Cirebon naik Elf dari terminal Kota Cirebon waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam, turun di Bunderan Kijang, naik Angkot 05 turun di Karangsong sekitar 10 menit, dan menyewa kapal nelayan.

Sayangnya, setiba di TPI Karangsong, tidak dapat melanjutkan perjalan menuju Pulau Biawak, karena keterbatasan sarana transportasi. Selain itu dibutuhkan biaya cukup sekitar Rp 3 juta untuk bisa menyebarang ke Pulau Biawak yang berjarak 19 mil atau 30 kilometer dari TPI Karangsong menggunakan kapal nelayan.

“Bisa tapi mahal. Ongkosnya saja untuk sewa kapal menyeberang ke Pulau Biawak sekitar Rp 3 Juta. Jadi ketika ada 10 sampai 15 orang baru saya mau,” ujar Nelayan Karangsong, Opi (54). Sehingga sangat disarankan bagi para traveler ketika akan singgah dan menikmati eksotisme Pulau Biawak harus memiliki bujet yang cukup. (oni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed