Melihat Pesona Alam Curug Sempong yang Dikelilingi Tebing

Go Traveler
Pesona-Curug-SempongBIKIN BETAH: Objek wisata alam Curug Sempong sangat memesona. Tampak pengunjung mandi di area curug. FOTO: BUDHI HARYANTO/RADAR MAJALENGKA

Kabupaten Majalengka memiliki beragam objek wisata alam air terjun (curug). Salah satu yang terkenal adalah Curug Sempong di Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka. Butuh perjuangan untuk mencapai lokasi. Bagaimana suasananya? Dan apa yang bikin betah di lokasi itu?

BUDHI HARYANTO, Majalengka

OBJEK wisata alam Curug Sempong sudah  banyak dikenal banyak orang. Bahkan, saat ini Curug Sempong menjadi salah satu objek wisata alam yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan baik pada hari biasa maupun pada saat hari libur.

Tempat tersebut sangat indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda serta memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya.

Selain pesona alam yang indah, keramah-tamahan penduduk lokal terhadap para wisatawan yang berkunjung juga menjadi nilai tambah. Lokasi wisata alam juga memberikan sensasi petualangan bagi para pengunjung.

Untuk bisa sampai ke lokasi Curug Sempong, pengunjung harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1 kilometer menyelusuri jalan persawahan dan perkebunan milik masyarakat desa setempat.

Namun, rasa lelah dan letih setelah menempuh perjalanan sepanjang 1 kilometer itu akan terbayar lunas dengan pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Suara gemercik air jernih yang mengalir dari Curug Sempong  serta dengan suasana alam pedesaan menjadikan wisatawan akan betah di lokasi.

Curug Sempong yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter yang dipadukan dengan aliran lava purba yang membantu menghiasi pemandangan di sekitar kawasan Curug Sempong.

Setiap objek wisata dipastikan akan mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Salah satu ciri khas dari Curug Sempong adalah letak air terjunnya yang berada masuk ke dinding tebing.

Untuk bisa menjangkau ke lokasi air terjun dan berada tepat di bawahnya, setiap pengunjung harus rela masuk ke area yang diapit dan dikelilingi tebing-tebing. Selain itu, di sekitar lokasi Curug Sempong juga tumbuh berbagai jenis tumbuhan dan pepohonan. Sehingga dapat memberikan rasa segar dan kesejukan pada pandangan mata.

Selama berada di sekitar kawasan Curug Sempong pengunjung pun selain bisa mandi di bawah guyuran air terjun, juga bisa berenang mengikuti aliran sungai Sempong yang menjadi muara. Bahkan, bagi pengunjung yang hobi mancing bisa mendapat kesempatan untuk memancing ikan di sekitar lokasi yang dipandu di sekitar lokasi kawasan curug.

Para wisatawan bisa melakukan swafoto di beberapa titik yang bisa dipilih sambil menyaksikan hempasan air terjun. Hampir semua spot di lokasi Curug Sempong layak dan menarik untuk dijadikan titk foto untuk dijadikan kenang-kenangan atau koleksi pribadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Gatot Sulaeman kepada mengungkapkan, fasilitas yang telah tersedia di sekitar lokasi Curug Sempong sangat lengkap. Selain area parkir kendaraan, kata Gatot, juga tersedia kamar mandi, penginapan, musala, dan warung makanan.

Berkat kemajuan teknologi, sambungnya, keberadaan Curug Sempong telah tersebar melalui berbagai media. Sehingga, curug kini mulai dikenal secara luas oleh masyarakat dan kalangan para pencinta wisata alam.

“Setiap weekand atau libur panjang kawasan Curug Sempong banyak dibanjiri para pengunjung dari berbagai daerah termasuk dari sejumlah kota di wilayah Jawa Barat. Mereka penasaran ingin mengetahui secara lebih dekat tentang keberadaan Curug Sempong,” ujarnya.

Para wisatawan yang datang, akan merasakan kepuasan dan bisa menikmati keindahan alam curug. Selamat berkunjung. (*)