oleh

Menhan: Ada Kelompok Terafiliasi ISIS Serukan Jihad di Papua

-Nasional-135 views

JAKARTA-Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menyebut ada kelompok yang berafiliasi dengan Negara Irak dan Suriah atau ISIS yang menyerukan jihad di Papua. Namun ia enggan membeberkan kelompok mana yang berafiliasi dengan ISIS tersebut.

“Terdapat kelompok lain yang berafiliasi dengan ISIS, telah menyerukan jihad di tanah Papua,” kata Ryamizard saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi I DPR-RI terkait kondisi terkini Papua di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Menurut Ryamizard, ada tiga kelompok yang terlibat dalam kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Ketiga kelompok ini, menurut dia, membentuk West Papua Army untuk mendukung kemerdekaan Papua.

“Kami tidak mengenal KKB [kelompok kriminal bersenjata], yang ada ialah kelompok pemberontak bersenjata yang ingin memisahkan diri dari NKRI. Ada tiga kelompok yaitu kelompok pemberontak bersenjata, kelompok politik, dan kelompok klandestin,” ujarnya.

Ryamizard menuturkan kelompok-kelompok itu yang tengah mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu yang jadi alasan mengapa TNI ditugaskan di sana.

“Bila sudah masuk dalam ranah keselamatan bangsa, itu akan menggangu keamanan negara. Sehingga sudah jadi tugas TNI sebagai alat keamanan negara,” kata dia.

Bahkan pada kesempatan itu, Ryamizard mengutip perkataan Megawati Soekarnoputri terkait Papua, saat politisi PDI-P itu menjabat sebagai presiden Republik Indonesia.

Kalimat yang dikutip Ryamizard berbunyi begini: seribu kali pejabat gubernur di Papua diganti, Papua tetap di sana. Seribu kali pejabat daerah dan bupati Papua diganti Papua tetap di sana. Tetapi satu kali TNI ditarik dari tanah Papua, besok Papua merdeka.

“Masih segar ingatan saya, pernyataan Bu Mega pada tahun 2004 silam. Saat ia berkunjung ke Papua,” imbuhnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed