Menhub Sebut Masyarakat Banyak Pilih Angkutan Umum

menhub
Menhub Budi Karya Sumadi (kanan) mengecek surat-surat kendaraan bis angkutan mudik Lebaran 2018 di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (12/6). FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa arus mudik Lebaran 2018 berjalan lancar dan tidak adanya kepadatan kendaraan seperti tahun lalu. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan sidak ke Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa siang (12/6).

“Hari ini (12/6), secara umum apa yang saya lihat pada saat terbang dari Jakarta ke Cikopo itu memang tidak ada satu kepadatan kendaraan pemudik. Secara statistik memang ada penurunan dan prediksi hari ini (12/6) merupakan puncak mudik. Dalam statistik yang kami kumpulkan ada beberapa angka-angka yang cukup menarik karena memang kendaraan roda empat dan dua semuanya turun. Kecelakaan juga turun, ya jadi indikator-indikator menunjukkan angka yang membaik,” ungkapnya.

menhub2
Menhub Budi Karya Sumadi berbincang-bincang dengan seorang pemudik di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Selasa (12/6). FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

Masih kata Budi, jumlah kendaraan pribadi pun ada penurunan. “Ini disebabkan makin banyaknya pemudik yang memilih menggunakan transportasi umum. Ada kemungkinan ini pindah ke moda angkutan lain. Angkutan udara naik 15 persen padahal prediksi kami 4 persen. Selain itu, mudik gratis naik bus juga masif, mudik gratis naik kapal juga banyak,” katanya.

Menhub Budi Karya menegaskan, pihaknya masih akan terus memantau perkembangan di lapangan. “Kami perkirakan dalam dua hari ke depan ini akan ada lonjakan kendaraan. Namun ini masih lihat perkembangannya,” pungkasnya. (rdh)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya