Menjaga Kehormatan Kejurnas Basket U-16

Sport
KEJURNAS-BASKETANDALAN KOTA CIREBON: Salah satu pebasket putri andalan Kota Cirebon U-16, Tasya Melycia, saat mengikuti Honda DBL Camp 2018 di Surabaya, Jawa Timur. Kota Cirebon akan berlaga di Kejurnas U-16, 17 Januari nanti. FOTO: TATANG RUSMANTA/RADAR CIREBON

CIREBON – Perbasi Kota Cirebon memboyong 10 pemain putri kelompok usia (KU) 16 tahun ke Medan, Rabu (9/1). Mereka akan diterjunkan di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket KU-16 yang berlangsung mulai 10 hingga 17 Januari mendatang.

Tim basket putri Kota Cirebon mewakili Jawa Barat di perhelatan tersebut. Kehormatan itu didapat usai Tasya Melycia dan kawan-kawan menjuarai Kejurda Basket Jawa Barat KU-15 di Kota Tasikmalaya, tahun lalu. Tim ini mengusung ambisi besar pada perhelatan akbar tersebut. Tak ingin hanya jadi tim hiburan, anak asuh Tae Hi Han membidik gelar juara.

Ketua Umum Perbasi Kota Cirebon, H Deddy Slamet Bomel mengatakan, Tasya cs sudah dipersiapkan secara maksimal. “Program pembinaan berjalan dengan baik karena para pemain berada dalam naungan satu klub yaitu Generasi Muda Cirebon (GMC) Basketball,” kata dia.

Jam terbang para pemain pun sudah tak diragukan. Sebagian besar merupakan bagian dari skuad Kota Cirebon di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018. Di level pelajar pun prestasinya sangat baik.

Bersama tim basket putri SMAK BPK Penabur Cirebon Tasya cs menjadi runner-up Honda DBL West Java Series 2018. Selain itu, Tasya dan satu Arsya Febriani terpilih mengikuti Honda DBL Camp di Surabaya.

Pada Desember 2018 lalu, GMC juga menurunkan tim ini di ajang Youth Basketball Association (YBA) Cup VII yang berlangsung di Sport Hall Bima dan GMC Arena Kota Cirebon. Hasilnya cukup memuaskan dengan melaju ke final dan merebut trofi juara kedua.

“Meski masih junior, pengalaman anak-anak sudah cukup banyak. Saya tidak ragu dengan mereka,” tambah Deddy.

Deddy mengaku tidak sedang sesumbar. Menurut dia, keyakinan memang harus terus dibangun. Terlebih, di Kota Cirebon olahraga bola basket memang berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Khususnya pada sektor putri.

“GMC berpengaruh besar pada perkembangan basket di Kota Cirebon. Anak-anak kita jadi punya kesempatan bermain di liga,” ucapnya.

Sementara itu, Tasya mengaku tidak merasa terbebani membawa nama besar Jawa Barat di kejurnas. Dia malah termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

“Saya yakin teman-teman juga begitu. Kami ingin memberikan yang terbaik dari apa yang kami miliki. Kami akan berjuang 100 persen di setiap pertandingan,” ujarnya. (ttr)