Menkominfo Resmikan Pusat Monitoring Kualitas Layanan XL Axiata

XLCE&SOC_2PUSAT MONITORING: Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, bersama Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, meninjau pusat monitoring XL Axiata yang baru dalam acara peresmian pusat monitoring kualitas layanan terpadu yang baru bernama “Customer Experience & Service Operation Center” di Jakarta, Rabu (15/8). Foto: XL for Radar Cirebon

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan pusat monitoring kualitas layanan terpadu yang baru bernama “Customer Experience & Service Operation Center” (CE & SOC) di Jakarta, Rabu (15/8) lalu.

Pusat monitoring yang berada di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta Selatan ini akan menjadi sarana utama XL Axiata untuk memastikan tetap primanya kualitas semua layanan. Seiring dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan dan trafik layanan.

Pusat monitoring baru ini juga akan semakin memudahkan XL Axiata dalam memantau dinamika layanan terkait semakin berkembangnya layanan data/internet. Termasuk perilaku penggunaan layanan oleh pelanggan pada suatu layanan.

Turut hadir dalam peresmian ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M Ramli serta Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini.

Dian Siswarini menyampaikan bahwa saat ini pelanggan XL terus tumbuh. Demikian juga dengan trafik pemakaian, terutama untuk layanan data. Sekitar 79% dari total pelanggan merupakan pelanggan data.
Untuk wilayah yang sudah tersedia layanan data, juga semakin meluas. Kini sudah lebih dari 380 kota/kabupaten yang terjangkau 4G LTE dan lebih dari 460 kota terjangkau 3G, dan ini tentunya juga akan terus bertambah.

“Untuk memastikan semua pelanggan mendapatkan layanan terbaik, kami membutuhkan suatu pusat komando yang mampu memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh,” ungkapnya.

Dian menambahkan, keberadaan suatu pusat komando yang lengkap dan canggih menjadi penting untuk XL Axiata saat ini. Mengingat terus berkembangnya teknologi digital yang kemudian mendorong hadirnya berbagai jenis layanan data yang diakses oleh pelanggan.

Masing-masing layanan data memiliki karakteristik sendiri yang berpengaruh erat pada kualitas layanan serta kepuasan pemakainya. Sebagai operator penyedia layanan, XL Axiata harus mampu memenuhi harapan pelanggan untuk bisa menikmati secara nyaman apapun jenis layanan data yang mereka akses.

CE & SOC yang diresmikan terdiri dari ruang monitoring yang terintegrasi untuk 4 NOC (Network Operation Center) yang berbeda. Yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing.

Melalui fasilitas canggih ini, XL Axiata akan memiliki visibilitas yang lebih baik dan spesifik dalam memastikan kualitas layanan layanan. Misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise.

Pusat komando dan monitoring CE & SOC ini juga dirancang guna mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan monitoring di masa depan. Hal ini tidak terlepas dari rencana pengembangan jaringan dan adopsi teknologi terbaru di masa depan. Termasuk kemungkinan mengaplikasikan teknologi 5G, IoT, dan M2M sesuai dengan semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai upaya meningkatkan produktivitas usaha dan bisnis. (ril/adv)