Mutiara Terpendam di Barat Bumi Wiralodra

2167
Pintu gerbang Desa Ujunggebang menuju Pantai Plentong. FOTO: RADAR INDRAMAYU

PESISIR Pantai Utara Laut Jawa Kabupaten Indramayu memiliki banyak destiniasi wisata bahari. Salah satunya Pantai Plentong di Desa Ujung Gebang, Kecamatan Sukra. Tempat ini sedang naik daun di kalangan wisatawan lokal maupun luar daerah. Itu karena, pantai yang berada di ujung barat Bumi Wiralodra serta bersebelahan dengan Pantai Tanjungpura ini, punya pesona tersendiri.

Selain udara pantainya yang sejuk, deburan ombak yang bersahabat, serta kondisinya masih natural dan fresh, eksotisme Pantai Plentong membuat pengunjung jatuh hati. Pada beberapa bagian pantai, terdapat area yang cocok untuk bermain atau sekadar berendam di laut. Terdapat 4 hektare hutan mangrove yang dapat dijadikan laboratorium alam atau wisata edukasi.

Dan, yang lebih menarik lagi, air laut Pantai Plentong dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit lantaran memiliki kadar garam tinggi. Kawasan Pantai Plentong yang lokasinya tidak jauh dari TPI Karya Mina, berdiri beberapa stan dan warung penjual aneka kuliner berbagai jenis ikan dari hasil tangkapan nelayan setempat.

Pengunjung juga dapat menikmati nikmatnya es kelapa kopyor. Yakni, salah satu minuman khas di salah satu desa penghasil buah kelapa kopyor terbesar di wilayah pantura Indramayu ini. Sehingga, tidak mengherankan, setiap musim liburan, kawasan pantai seluas 10 hektare itu ramai pengunjung. Pada musim Lebaran lalu, jumlahnya mencapai 25 ribu wisatawan.

Mereka tidak hanya berasal dari wilayah Kabupaten Indramayu, tapi juga Kabupaten Subang sampai Sumedang. Membludaknya pengunjung tidak lepas dari lokasinya yang strategis, akses jalan masuk yang sebagian besar sudah dicor beton, serta keramahtamahan penduduk setempat. “Ibarat mutiara terpendam, potensi wisata bahari Pantai Plentong ini sedang kami gali dan terus kembangkan,” ujar Kuwu Desa Ujung Gebang H Kusnato SE.

Pengembangan, lanjut dia, lantaran kawasan ini memang belum memiliki fasilitas yang memadai. Baru seadanya. Karena itu, pihaknya berharap dukungan dari Pemkab Indramayu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk menambah sarana prasarana dasar yang diperlukan.

Fasilitas yang segera disiapkan di antaranya pengadaan MCK, jalan setapak di pinggiran pantai, tempat ibadah, serta aneka permainan wahana air guna melengkapi sarana hiburan anak-anak di kawasan Pantai Plentong.

Camat Sukra Rory Firmansyah SSTP MSi optimistis, dukungan fasilitas dari pemkab melalui Disbudpar bakal menjadikan kawasan Pantai Plentong sejajar dengan objek wisata bahari lainnya yang sudah ada. Apalagi, meski belum ditata secara maksimal, Pantai Plentong saat ini menjadi pusat rekreasi masyarakat lokal serta turis domestik dari kabupaten tetangga.

Penataan ini, ungkap dia, merupakan bagian dari rencana Pemdes Ujung Gebang menggelontorkan program Kampung Bintang. Sebuah program yang megoptimalkan seluruh potensi desa baik pariwisatanya, kuliner, pertanian, peternakan serta berbagai industri kreatif masyarakat. Diawali dengan penataan kawasan Pantai Plentong, program Kampung Bintang ini akan menjalar ke kampung yang lain sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

“Kampung Bintang ini konsep desa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan merubah pola pikir masyarakat untuk bersama-sama mengoptimalkan potensi yang ada,” tandasnya. (kho)