oleh

Nico Siahan Sebut Kalau Tahu Uang dari Fee Proyek, Pasti Tidak Diterima

CIREBON-Anggota DPR dari PDIP Nico Siahaan menyatakan dirinya sama sekali tak terkait dengan kasus suap yang menjerat Bupati Cirebon Nonaktif Sunjaya Purwadisastra. Namun, mantan presenter televisi itu memang pernah menerima bantuan dari Sunjaya untuk kepentingan acara kepemudaan.

Menurut Nico, ada bantuan uang Rp250 juta dari Sunjaya. Pemberian bantuan itu disampaikan secara terbuka di depan panitia acara kepemudaan yang juga melibatkan Nico. “Saya sebagai ketua panitia kepemudaan tidak pernah memaksa Sunjaya untuk menyumbang pada kegiatan kepemudaan. Termasuk jumlah bantuannya,” ujar Nico sebagaimana dirilis JawaPos.com, Jumat (30/11).

Pemilik nama lahir Junico Bisuk Partahi Siahaan itu menegaskan, gotong royong di partainya merupakan hal biasa. “Sesama kader saling membantu,” tambahnya.

Namun, Nico memutuskan untuk mengembalikan uang pemberian Sunjaya ke KPK. Menurutnya, panitia acara kepemudaan memutuskan mengembalikan uang itu melalui KPK setelah Sunjaya terjaring operasi tangkap tangan.

Nico mengembalikan uang itu Kamis siang (29/11). “Dana itu kami amankan dan tidak digunakan untuk kegiatan kepemudaan,” tegasnya. Ia juga mengaku tak punya kedekatan khusus dengan Sunjaya. Sebab, perkenalannya dengan Sunjaya karena sesama kader. “Kalau sesama kader kenal. Tapi saya tak pernah berhubungan. Lha nomor handphone-nya (Sunjaya, red) saja saya enggak tahu kok,” katanya.

Selain itu, kata Nico, panitia acara kepemudaan juga menerima uang dari Sunjaya tanpa bertanya terlebih dahulu soal sumbernya. Jika tahu uangnya bermasalah, kata Nico, pasti pemberian dari Sunjaya akan ditolak. “Kalau kami tahu itu dana fee proyek pastinya kami tidak terima. Dan pas kami tahu (Sunjaya) bermasalah, dana itu tidak kami pakai,” pungkasnya. (mam/JPC)

News Feed