Objek Wisata Paniis Singkup Penuh Mistis

893
Air yang dianggap berhasiat. FOTO: M TAUFIK/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN-Mata air di objek wisata Paniis Singkup benar-benar alami. Segarnya air yang keluar ternyata berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti stress, hingga menyembuhkan penyakit lumpuh akibat stroke. Selain itu, sebagian orang percaya, khasiat air di Paniis untuk enteng jodoh, buang sial hingga obat awet muda.

Belum ada kajian ilmiah untuk membuktikan hal tersebut. Namun mitos yang beredar di masyarakat telah menjadikan hal tersebut sebagai daya tarik tersendiri sehingga wisata Paniis Singkup tak pernah sepi pengunjung.

Objek wisata Paniis Singkup berlokasi di kaki Gunung Ciremai sebelah utara. Tepatnya di Desa Paniis dan Singkup, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Dua objek wisata di dua desa yang saling berbatasan ini telah menjadi satu dan tak bisa terpisahkan. Menyajikan wisata alam dengan nuansa gemericik air sungai yang mengalir langsung dari sumber mata air disertai suasana alam dengan vegetasi pepohonan pinus di sekelilingnya.

Pohon pinus menjadi peneduh di objek wisata Paniis Singkup Kuningan.

Kesejukan air yang keluar dari dalam tanah bisa saja merangsang syaraf-syaraf di dalam tubuh sehingga bisa membuat pikiran menjadi tenang dan rilek sehingga bisa mengusir keruwetan dalam pikiran yang menyebabkan kita stres. Sama halnya dengan penderita kelumpuhan akibat stroke, bisa saja dinginnya air yang mengalir dapat merangsang syaraf motorik kembali berfungsi.

Namun demikian, tak ada salahnya mencoba meminum air langsung dari mata air ini karena kebersihannya bisa terjamin. Diceritakan seorang Petugas PDAU Kuningan Imam Dwi Putranto, pernah ada seorang temannya yang iseng melakukan penelitian terhadap kandungan TDS (Total Dissolve Solid) pada air Paniis untuk mengukur kandungan zat terlarut, baik itu organik maupun anorganik. Hasilnya, menunjukkan kandungan TDS di bawah 100. Artinya, air di Paniis layak untuk dikonsumsi langsung  tanpa harus dimasak.

Jagung bakar siap menjadi pelengkap.

Selain terkenal dengan khasiatnya menyembuhkan berbagai penyakit, air Paniis juga dipercaya masyarakat sekitar mengandung mistis. Konon, setiap malam Kliwon Syura, mata air tersebut mengeluarkan harum yang semerbak luar biasa. Tak ada yang tahu dari mana asal harum tersebut. Namun mitos tersebut banyak memengaruhi masyarakat yang percaya terhadap ilmu gaib untuk melakukan ritual menyepi dan berendam semalamam di hulu sungai tersebut.

“Kebanyakan mereka yang datang melakukan ritual tersebut untuk mencari berkah atau bertujuan untuk kebatinan, usaha, jodoh, kekuasaan dan lain-lain. Ini juga mungkin dipengaruhi oleh mitos Gunung Ciremai yang terkenal dengan kemistisannya,” kata Imam.

Namun, Imam menyerahkan segala cerita yang beredar tersebut kepada masyarakat untuk mempercayainya atau tidak. Yang terpenting bagi Imam adalah keberadaan objek wisata Paniis Singkup adalah salah satu aset Pemerintah Kabupaten Kuningan yang harus dijaga kelestariannya dan memberi kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) yang membanggakan. (fik)