Ops Mantap Brata 2018, Polres Ciko Gelar Pasukan PAM PSU, Pileg dan Pilpres

Insiden 24 jam
mantapKapolres Cirebon Kota AKBP Rolan Ronaldi bersama Forkompinda Kota Cirebon melakukan pengecekan pasukan peserta apel Operasi Mantap Brata 2018 di Alun-alun Kota Cirebon.FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Polres Cirebon Kota (Ciko) melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpadu Mantap Brata 2018 di Lapangan Alun-alun Kejaksan, Jl Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (19/9).

Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Cirebon Kota AKBP Rolan Ronaldi, mengangkat tema ‘Melalui apel gelar pasukan operasi mantap brata 2018 kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait dalam rangka mewujudkan kamdagri yang kondusif’. Adapun peserta apel gelar pasukan terdiri dari gabungan, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamon Praja, Pemadam Kebakaran, Senkom Mitra Polri, OKP, PMI, dan Pramuka.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Cirebon Kota AKBP Rolan Ronaldi mengatakan, apel tersebut dilaksanakan di seluruh jajaran Polri dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel, sara dan prasarana sebelum diterjunkan melaksanakan pengamanan. Dengan demikian PSU Pilwalkot, Pileg, Pilpres 2019 dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan damai.

“Pemilu 2019 ini dinilai memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan diselenggarakan secara serentak,” kata mantan penyidik KPK ini.

Dalam kacamata kamtibmas, ujar Kapolres, perhelatan politik ini akan memunculkan kerawanan di bidang keamanan. “Untuk itu, Polri dibantu dengan stekholder lainnya melaksanakan operasi sandi mantap brata 2018 selama 397 hari terhitung mulai 20 September-21 Oktober 2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personel,” ujarnya.

Ia juga meminta agar seluruh personel untuk terus gelorakan deklarasi pemilu damai dengan melibatkan semua elemen dan menyusun susun rencana pengamanan secara detail serta melaksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan. (rdh)