Parpol Serbu KPU 3 Hari Jelang Penutupan Pendaftaran Bacaleg

kpu-kabupaten-cirebonSEPI PENDAFTAR: Hingga tanggal 13 Juli kemarin, partai-partai politik belum mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke KPU Kabupaten Cirebon. ILMI YANFAUNNAS/RADAR CIREBON

CIREBON – Mayoritas partai politik peserta Pemilu 2019 mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon dua hari sebelum penutupan. Pendaftaran di batas akhir penutupan tersebut, dianggap paling tepat lantaran seluruh berkas-berkas bacaleg telah lengkap.

Komisioner KPU Divisi Teknis, Marzuki Rais menyampaikan, berdasarkan jadwal pendaftaran tiap parpol yang sudah masuk ke KPU, partai pertama yang akan mendaftar pada 15 Juli yakni Partai Gerindra dan Golkar.

Sedangkan PKB, PDI Perjuangan, Nasdem, Perindo, PPP, PSI dan Hanura dijadwalkan akan mendaftar pada 16 Juli. Sementara di akhir pendaftaran disusul dengan Partai Garuda, Partai Demokrat, Berkarya, PKS, PAN, PBB serta PKPI.

“Meski masing-masing parpol sudah mengonfirmasi pendaftaran, tapi jadwal ini masih tentatif bisa ada yang maju atau mundur. Tapi yang jelas, terakhir itu tanggal 17 Juli,” kata Marzuki kepada Radar, Jumat (13/7).

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan, H Mustofa SH memastikan tetap akan mendaftarkan bacalegnya hari Senin, 16 Juli 2018. Sebelum penyerahan berkas ke KPU, kata pria yang akrab disapa Jimus itu, pihaknya menggelar rapat konsolidasi pemenangan pemilu tahun 2019 dengan 50 bakal calon legislatif, Jumat (13/7) sore di sekretariat DPC PDI Perjuangan.

Menurutnya, untuk bacaleg PDI Perjuangan sendiri, sebanyak 50 bacaleg yang sudah didaftarkan semua ke Silon. Sehingga, tinggal menyerahkan berkas saja ke KPU. “Kalau dimasukan ke Silon kami sudah jauh-jauh hari. Tapi ada mekanisme di partai yakni nunggu pleno dari DPP. Ketika sudah ada pleno baru kita daftarkan,” tandasnya.

Dikatakan, untuk kuota perempuan di tiap daerah pilihan, kata Jimus sudah sesuai aturan yakni 30 persen dari total kursi di tiap dapil. Begitupun dengan kuota perempuan sudah terisi penuh. “Dalam pemilihan legislatif kali ini, kami menargetkan bisa merebut sebanyak 16 kursi di DPRD. Minimal kita bisa nambah 3 kursi lagi. Jadi 14 sama seperti dulu. Tapi kita upayakan bisa peroleh 16 kursi,” tandas Jimus yang menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Cirebon itu.

Untuk itu, pihaknya sengaja mengumpulkan seluruh bacaleg. Di samping untuk mempersiapkan jelang pendaftaran, juga dalam rangka konsolidasi guna pemenangan nanti.

Hal senada disampaikan Bendahara DPC PDI Perjuangan, Ali Jahari. Menurutnya, pemilu legislatif tahun 2019 ini pihaknya yakin bisa meningkatkan kursi di DPRD. “Minimal mengembalikan suara Pileg 2009 yaitu 14 kursi atau maksimal 16 kursi karena dengan sistem sainte lague murni atau sistem penghitungan suara untuk perolehan kursi,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua DPC Gerindra Kabupaten Cirebon, H Subhan memastikan tetap akan mendaftarkan bacalegnya pada hari Minggu, 15 Juli 2018. “Kalau tidak ada halangan hari Minggu, ini sesuai jadwal yang sudah kami sampaikan ke KPU,” singkatnya. (sam)

JADWAL PENDAFTARAN BACALEG  KE KPU KABUPATEN CIREBON

15 Juli 2018

Partai Gerindra

Partai Golkar

16 Juli 2018

PKB

PDIP

Nasdem

Perindo

PPP

PSI

Hanura

17 Juli 2018

Partai Garuda

Partai Demokrat

Berkarya

PKS

PAN

PBB

PKPI