Patrol Ditertibkan, Muncul Lagi Bangli di Bantaran Sungai Sindupraja Jatibarang

1201
MUNCUL LAGI: Sejumlah bangunan liar (bangli) di sepanjang saluran Sungai Sindupraja Jatibarang, Kabupaten Indramayu, kembali bermunculan. FOTO: KOMARUDIN KURDI/RADAR INDRAMAYU

SATPOL PP Kabupaten Indramayu punya PR baru. Setelah menertibkan bangunan liar (bangli) di Kawasan Ganyong-Legok, Kecamatan Patrol, kini kawasan di sekitar bantaran Sungai Sindupraja Jatibarang dipenuhi bangli semi permanen.

Sebelumnya, kawasan itu memang pernah berjejer bangli. Sempat steril karena ada wacana normalisasi saluran. Namun entah apa sebabnya, bangli itu kembali bermunculan. Kali ini kebanyakan semi permanen.

Pantauan Radar, di sepanjang saluran Sungai Sindupraja Jatibarang, ada sebagian bangunan yang sudah ditempati untuk berjualan. Ada juga yang baru mendirikan kerangka bangunan. Padahal, proses peremajaan saluran Sindupraja masih belum rampung.

“Kami terpaksa, kalau tidak begini, ya kami tidak bisa jualan,” ujar salah satu pemilik bangunan, Surya.

Surya mengatakan, selama bertahun-tahun, bantaran Sungai Sindupraja menjadi tempatnya mencari nafkah. “Kalau enggak jualan, kami mau kerja apa? Kalau jualan di rumah, orang-orang tidak ada yang tahu karena jauh dari keramaian,” tuturnya,

Dia pun mengaku terpaksa mendirikan kembali lapaknya dengan alasan perut. “Ada yang sudah ditempati untuk berjualan. Ada yang hanya mendirikan bangunan membuat pondasi dan tiang kayu saja, tapi belum ditempati,” ujarnya.

Senada, Nana memilih untuk mendirikan kembali lapaknya karena alasan ekonomi. “Kalau nanti disuruh bongkar, ya saya bongkar karena memang ini kan normalisasi belum selesai,” tuturnya.

Bila tidak berjualan, dia dan keluarganya terancam tidak bisa menyambung hidup. “Ini hanya untuk sementara saja. Kalau memang nanti harus dibongkar, ya kami akan bongkar sendiri,” ujarnya. (oni)