Pedagang Semringah Sambut Renovasi Pasar Balong

pasar-balong-cirebonPasar Balong. Foto: Dok. radarcirebon.com

CIREBON-Rencana PT Metro Panen Raya mengerjakan renovasi Pasar Balong, mendapat sambutan baik dari pedagang. Pasalnya mereka sudah menunggu lama pekerjaan itu dilaksanakan. Selama ini mereka berdagang dengan fasilitas seadanya.

Seorang pedagang, Muhammad (65) mengatakan, ada sekitar lebih 50-an kios atau toko yang masih berdagang. Selama ini dia dan para pedagang lainnya bertahan dengan omzet yang naik turun. “Kalau hari biasa bisa dibilang sepi, ramainya pada akhir pekan atau awal bulan,” ujar Muhammad, kepada Radar Cirebon.

Dikatakannya, renovasi yang kabarnya dimulai pada Jumat (13/7), sangat diharapkan memperbaiki dan menambah fasilitas. Pasalnya fasilitas yang ada sekarang sudah usang dan banyak yang rusak. “Lahan parkir sempit, jalan juga terbatas,” katanya.

Renovasi ini, lanjutnya, diharapkan pula bisa menarik pengunjung untuk berbelanja. Seperti pada era tahun 1990 sampai 2000, dimana Pasar Balon selain terkenal sebagai mal juga sebagai pusat grosir sandang terbesar. Terkait pedagang yang sudah membayar sewa, Muhammad meminta pihak pemkot dan pengelola untuk diperhatikan kelanjutannya. Kemudian meminta pedagang lama mendapat prioritas. Sebab, mereka yang selama ini membuat Pasar Balong tetap bertahan.

Senada dengan Muhammad, pedagang lainnya Maman meminta pengelola untuk memberikan prioritas kepada pedagang lama. Baik dari sisi penempatan kios maupun kemudahan lainnya. “Mudah mudahan renovasi bisa secepatnya selesai dan kami bisa berdagang dengan nyaman. Dan bisa mengembalikan lagi kejayaan Pasar Balong,” tuturnya.

Seperti diketahui, kepastian renovasi dilaksanakan diungkapkan PT Metro Panen Raya melalui staf pemasarannya, Bunga. “Sekarang kita sedang pemasangan sekat. Jadi sebetulnya sudah berjalan pekerjaannya,” ujar Bunga.

Ia memastikan, aspek perizinan sudah dituntaskan. Bahkan Juni sebetulnya renovasi sudah dijadwalkan. Namun rencana itu urung direalisasikan karena pedagang sedang ramai-ramainya. Di pertengahan Juni, mereka mremaan lebaran.

Renovasi Pasar Balong, sambung dia, akan mengambil konsep semi modern. Jadi pedagang tradisional akan tetap ada dan diakomodir. Untuk bangunannya sebagian kios yang berada di lantai atas dipasang pendingin ruangan. Ditambah dengan berbagai fasilitas pendukung seperti mal modern.

Konsep ini disambut baik oleh para pedagang. Diharapkan dengan peningkatan fasilitas, omzet mereka juga semakin naik. Perbaikan ini akan meningkatkan kenyamanan baik pedagang maupun pembeli.

Dalam proses pembangunannya nanti, PT Metro Panen Raya juga mempertimbangkan usulan para pedagang lama. Hal itu lantaran Pasar Balong merupakan salah satu ikon pasar Kota Cirebon, sehingga pihaknya ingin pasar tersebut dikunjungi kembali oleh masyarakat Kota Cirebon. “Mudah mudahan renovasi berjalan sesuai rencana dan sukses. Masyarakat akan mendapatkan pilihan baru berbelanja di Kota Cirebon,” katanya.

Renovasi sendiri direncanakan untuk dimulai Jumat (13/7). (gus)