Pelaksanaan UN SLTA 2019 di Kabupaten Cirebon Dimajukan

ILUSTRASI

CIREBON-Pemerintah memutuskan jadwal Ujian Nasional (UN) 2019 tingkat SLTA dimajukan pada bulan Maret, atau sebulan lebih maju dari tahun sebelumnya. Sebab, jika digelar pada bulan April, UN tingkat SLTA tahun 2019 bentrok dengan Pemilu/Pilpres 2019 dan berdekatan dengan pelaksanaan puasa Ramadan.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Cirebon Aceng Sudaman mengaku setuju dengan perubahan jadwal tersebut. Asalkan, persiapannya telah matang dan sesuai prosedur. “Pada dasarnya, silahkan saja asal jangan terkesan diburu-buru. Karena kan sekarang pelaksanaan ujian sudah menggunakan sitem UNBK. Maka, persiapannya harus matang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Jawa Barat Dra Hj Dewi Nurhulaela MMPd membenarkan pelaksanaan UN tingkat SMA dimajukan jadi bulan Maret 2019. Adapun jadwal pelaksanaanya, UN SMK dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019. Sedangkan tingkat SMA/MA dilaksanakan pada tanggal 1, 2, 4, dan 8 April 2019.

Dikatakannya, sejumlah persiapan pun sudah dilakukan untuk mendukung kebijakan baru ini. Di antaranya membuat standar operasional prosedur (SOP) agar UN berjalan lancar. “Rencananya, UN 2019 dilaksanakan serentak pada bulan ketiga atau Maret. Sedangkan pada 2018, pelaksanaan UN pada April lalu atau bulan keempat. Perubahan ini dimaksudkan karena berbarengan dengan Pemilu dan menghormati ibadah puasa Ramadan,” katanya.

Menurutnya, pelaskanaan UN pada tahun ini, 100 pesen berbasis komputer atau disebut ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hal ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) besama Kementerian Agama (Kemenag).

“Sudah siap, pihak sekolah sudah melakukan tambahan kegiatan belajar mengajar, pengayaan, dan simulasi UNBK. Untuk jenjang SMA/MA, SMK 100 persen UNBK,” jelas Dewi. (via)